Kenali 4 Ragam Aturan Pemberian Susu Formula Berikut Agar Tak Salah Lagi

Pemberian susu formula ternyata memiliki aturan tersendiri agar membuat kandungan nutrisi di dalamnya bisa diserap tubuh bayi secara optimal. Seringnya orangtua yang memberi sufor kepada bayinya merasa asal dibuatkan saja, tanpa perlu membaca keterangan di dalam kemasan produk susu bayi tersebut. Saat ini jenis sufor di pasaran semakin banyak dan mereknya berbeda-beda setiap merek kemudian mengklaim menjadi sufor terbaik dengan kandungan nutrisi tambahan yang kaya manfaat.

Ragam Aturan dalam Memberikan Sufor

Baiknya memilih yang sesuai kondisi tubuh si kecil, supaya bebas alergi dan juga rasa susu tersebut disukainya sehingga lahap dan tumbuh kembangnya optimal. Saat memberikan sufor ini baiknya kenali dulu beberapa aturan berikut agar tak lagi keliru:

Ikuti dosis pemberian,

Saat membeli sufor di pasaran Anda baiknya membaca informasi yang tercantum di dalam kemasan, usahakan memilih sesuai usia bayi atau anak Anda. Kemudian takarannya perlu disesuaikan dengan takaran yang dianjurkan dalam kemasan. Jika terlalu kental bisa menyebabkan sembelit dan si kecil tidak menyukai susu encer. Kemudian jangan pula terlalu encer karena nutrisi di sufor tersebut menjadi kurang maksimal masuk ke tubuh si kecil.

Pastikan menjaga kebersihan,

Menjaga kebersihan saat memberikan asupan berupa susu formula sangat penting untuk mencegah masuknya bakteri ke tubuh si kecil. Setiap kali hendak memberikan sufor usahakan botol susu, dot, dan perlengkapan menyusu lain disterilkan dulu bisa dengan cara direbus atau dimasukkan ke dalam air panas. Lewat cara ini bakteri yang menempel pada botol susu akan mati dan bersih. Selain itu susu yang sudah diam 1 jam di dalam kulkas maupun suhu ruang baiknya dibuang karena perkembangan bakteri di dalamnya dijamin sudah banyak.

Hindari jadwal pemberian sufor,

Beberapa ibu sengaja membuat jadwal pemberian sufor padahal tindakan ini termasuk keliru dan baiknya dihindari. Mengapa? Sebab setiap bayi semakin bertambah umurnya setiap hari akan memiliki pola makan yang khas, munculnya rasa lapar bisa setiap saat. Ada yang menyusunnya sedikit ada yang sangat lahap, jadi selalu berikan sufor setiap kali si kecil merasa lapar misal menangis. Sehingga nutrisi di sufor efektif menunjang tumbuh kembangnya.

Memberikan sufor seperti memberi ASI,

Seringnya orangtua yang memberikan sufor pada buah hatinya memilih membiarkan si kecil tidur telentang atau miring di kasur bayi. Meski tak sepenuhnya salah sebab sufor ini akan diminum habis oleh bayi dan nutrisinya diserap tubuh. Namun dianjurkan untuk memberikan sufor sebagaimana memberikan ASI yakni dengan cara digendong agar terjadi kontak fisik dengan Anda. Tujuannya untuk membangun ikatan emosional agar anak merasa nyaman sehingga baik untuk tumbuh kembangnya, jadi jangan asal lagi dalam memberikan susu formula.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan