Kenali Ciri Anak Autis Semenjak Dini untuk Perawatan Terbaiknya

Kenali Ciri Anak Autis Semenjak Dini untuk Perawatan Terbaiknya

Memiliki anak yang bisa tumbuh dengan sehat dan sempurna baik fisik, mental dan kesehatannya tentu menjadi dambaan setiap orang tua yang ada di dunia. Meski demikian, tidak jarang anak yang lahir tersebut memiliki kondisi yang berbeda dari kondisi anak pada umumnya. Salah satunya adalah autisme. Autisme sendiri adalah gangguan yang ada di otak dan bisa menyebabkan beberapa bagian otak tak bisa bekerja sama. Tidak heran jika anak autis kerapkali sulit untuk dapat berkomunikasi serta berhubungan secara sosial.

Kenali Ciri Anak Autis Semenjak Dini untuk Perawatan Terbaiknya 

Penyebab autisme ini bisa jadi karena banyak faktor. Meski demikian, faktor yang umum mempengaruhinya adalah karena genetik serta lingkungannya. Hingga saat ini belum ada bukti yang bisa memperjelas bahwa autisme disebabkan lantaran vaksin bayi. Autisme sendiri tak bertahan selamanya pada umumnya karena bertahan dari anak sampai usia remaja atau dewasa. Tentunya setiap orang tua harus tahu seperti apa kondisi anaknya kalau-kalau kemungkinan mengidap autisme.

Untuk memperjelas kondisinya, maka berikut ini beberapa ciri anak autis secara umum:

  • Kesulitan berkomunikasi

Untuk ciri yang pertama ini adalah yang termudah dideteksi. Anak yang memiliki autisme cenderung sulit dalam berkomunikasi dengan yang lain, termasuk juga dalam hal berbicaranya. Berbicara ini pun bukan hanya berbicara sendiri melainkan juga memahami pembicaraan dengan orang lain, menulis dan juga membaca. Kesulitan dari segi komunikasi lain misalnya sulit mulai pembicaraan, sulit paham perkataan orang lain hingga sulit dalam paham akan petunjuk.

  • Gangguan ketika berhubungan sosial

Karena sulitnya berkomunikasi dengan orang, maka tak jarang anak autisme ini cenderung lebih suka dengan dunianya sendiri. Mereka seperti tenggelam dengan apa yang dikerjakannya tanpa bisa dimengerti orang lain dan hal ini juga yang kian membuat anak autisme cenderung sulit dalam berhubungan secara sosial. Mereka pun sulit untuk melakukan kontak pada mata dan sulit paham sedih, sakit hingga perasaan orang lain juga. Tak heran mereka akan sulit sekali untuk berteman.

  • Perilaku lain yang khas

Ciri terakhir adalah dengan adanya perilaku lainnya yang lebih khusus dan khas. Beberapa perilaku yang biasa terjadi adalah anak yang autisme suka sekali marah dan mudah tersulut emosinya bahkan untuk hal kecil. Mereka bisa marah dengan nada suara tertentu. Kadang banyak juga yang sulit mengubah topik pembicaraan yang ada dan hanya bisa membicarakan satu mainan hingga satu topik saja. Menatap dengan pandangan kosong juga kerap dilakukannya.

 Baca juga tips dan trik nya untuk memberikan pendidikan anak autis. Lihat selengkapnya di alatbayi.net

Jika memang Anda merasa bahwa anak Anda memiliki gejala demikian, maka jangan tunda lagi untuk melakukan pemeriksaan sehingga bisa jelas apakah dia mengidap autisme atau tidak. Dengan mengetahuinya secara jelas, maka Anda bisa memberikan penanganan segera pada anak autis sehingga dirinya bisa tetap tumbuh dengan normal.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan