Kenali Ciri-Ciri Anak Batita Cerdas Sejak Dini

Bakat serta kecerdasan anak biasanya sudah mulai tampak sejak ia masih kecil. Meski tidak jarang, bakat itu bisa berubah seiring pertambahan usia dan perubahan lingkungan tumbuh kembangnya. Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Agar anaknya cerdas, tidak jarang orang tua sudah memberikan banyak stimulasi sejak dini. Berikut ini cara kenali ciri-ciri anak batita cerdas sejak dini.

Bakat Khususnya Sudah Terlihat

Anak yang cerdas pada umumnya sudah menunjukkan bakat atau telanta khusus sejak kecil. Misalnya kemampuan artistik, angka, gambar ataupun jenis kemampuan lainnya.

Perkembangan Unggul dibanding Teman Seusianya

Ciri lain yang dapat dilihat adalah tonggak perkembangan atau milestone yang lebih unggul jika dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

Kemampuan Bahasa yang Baik

Meski tidak selalu berbakat dalam bidang bahasa, anak cerdas biasanya memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik dibanding teman seusianya. Contohnya adalah anak mampu bicara kata atau kalimat lengkap lebih awal jika dibandingkan dengan teman sebayanya.

Rasa Ingin Tahu Tinggi dan Selalu Bertanya

Rasa ingin tahu yang tinggi adalah salah satu ciri anak yang cerdas. Ia tidak akan bosan mengajukan pertanyaan akan sesuatu yang menurutnya menarik atau membuat penasaran. Baginya, hal baru dan unik adalah dunia menarik yang ingin dimasukinya lebih dalam.

Aktif

Aktif di sini bukan berarti hiperaktif. Jika anak yang hiperaktif biasanya hanya mempunyai rentang konsentrasi yang rendah, sementara anak yang berbakat dapat berkonsentrasi terhadap satu hal untuk rentang waktu yang cukup lama.

Selain itu, anak juga biasanya memiliki keinginan kuat terhadap hal-hal baru atau apapun yang menjadi sumber ketertarikannya. Tidak jarang ia juga suka mencoba hal-hal sulit.

Memiliki Teman Imajinasi yang Jelas

Memiliki teman imajinasi bukanlah hal buruk, asal tidak terus menerus hingga dewasa. Pada anak yang berbakat dan cerdas, biasanya mereka memiliki teman imajinasi. Saat diminta menjelaskan, mereka akan bisa menjelaskan dengan baik siapa dan seperti apa teman imajinasi mereka ini.

Daya Ingat Baik

Ciri berikutnya anak batita yang cerdas adalah memiliki daya ingat yang baik. Ia bisa dengan mudah mengingat hal baru dan menceritakannya kembali apa yang ia lihat, ia pelajari ataupun ia tontoh dari TV atau film.

Ciri-ciri tadi adalah ciri-ciri umum yang banyak ditemukan pada anak. Meski demikian, tidak jarang juga anak-anak lain memiliki ciri khas lain yang berbeda dari teman-temannya. Ada beberapa anak berbakat yang telah menyadari bahwa mereka ‘berbeda’ dari teman sebayanya. Sayangnya, kadang hal ini membuat mereka terasing dari teman-temannya. Tidak jarang juga, sejumlah anak berbakat dan jenius justru lebih cepat stress atau frustasi akibat cara berpikir yang jauh lebih unggul dibanding teman-teman sebayanya.

 Kenali Ciri-Ciri Anak Batita Cerdas Sejak Dini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *