Kenali Gejala Bayi Demam dan Ambil Langkah Tepat

Kenali Gejala Bayi Demam dan Ambil Langkah Tepat

Orang tua tentunya akan merasa khawatir jika buah hatinya sakit. Apalagi bagi Anda yang masih tergolong sebagai orang tua baru, kepanikan tidak bisa Anda hindari. Lantas apa yang harus dilakukan jika situasi bayi demam ini Anda hadapi? Apakah Anda akan membawanya ke dokter atau dirawat di rumah? Banyak di antara Anda yang sebagai new parents takut memberikan penanganan yang salah.

Kenali Gejala Bayi Demam dan Ambil Langkah Tepat

Pahami Mengapa Anak Demam

Sebelum menentukan sikap ketika bayi demam, Anda harus memahami karakteristik dari bayi terutama yang baru lahir. Umumnya, bayi memiliki suhu tubuh antara 36-37 derajat celcius. Munculnya demam biasanya disebabkan oleh reaksi tubuh bayi dalam melawan penyakit. Ia akan memberikan reaksi berupa naiknya suhu tubuh jika ada benda asing masuk seperti virus, mikroba, maupun alergi. Tubuh bayi akan mengeluarkan zat yang berguna untuk pertahanan diri. Sebagai orang tua, Anda harus mengetahui jenis-jenis demam pada bayi. Pengetahuan ini perlu diterapkan karena tidak semua demam yang dialami bayi perlu diobati, bahkan ada yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Suhu Tubuh dan Pengelompokan Demam pada Bayi

Suhu tubuh yang meningkat pada bayi bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mengenali bayi yang sedang mengalami demam.  Diantaranya adalah sebagai berikut, antara lain:

  • Demam ringan, kondisi di mana suhu tubuh pada bayi meningkat namun tidak begitu tinggi yaitu hanya sampai 37 derajat atau 37,5 derajat celcius.
  • Demam sedang, kondisi di mana suhu tubuh bayi meningkat diantara 38-38,5 derajat celcius.
  • Demam tinggi, kondisi kenaikan suhu tubuh bayi yang cukup tinggi yaitu lebih dari 39 derajat celcius.

Penanganan dari ketiga jenis demam bayi tersebut yaitu untuk demam ringan dan sedang bisa dilakukan perawatan yang sesuai dengan gejala. Sedangkan untuk bayi demam dengan kategori tinggi, Anda bisa langsung memberikan anak obat penurun demam.

Baca Juga : Langkah Penanganan Bayi yang Demam Tinggi Setelah Imunisasi  

Gejala Demam yang Harus Anda Kenali

Sebagai orang tua, Anda dituntut untuk selalu waspada terhadap kondisi buah hati. Kenali gejala bayi demam yang bisa muncul kapan pun seperti rewel, si kecil terlihat lesu, nafas anak menjadi lebih pendek, tubuh anak terasa panas, anak menangis tanpa sebab, sering mengantuk, pusing, kehilangan nafsu makan, dan gangguan tidur. Jika gejala-gejala ini muncul, Anda bisa langsung memeriksa suhu tubuh yang dimilikinya sehingga bisa segera tahu demam yang dialaminya masuk pada kategori ringan, sedang, atau tinggi.

Sigap dengan Kondisi Anak yang Demam

Seusai memeriksa suhu tubuh buah hati dan mengetahui pada level mana demam bayinya, Anda jangan panik dan kebingungan namun bersikaplah tenang dan segera mengambil sikap pada situasi ini. Sikap Anda juga akan mempengaruhi kondisi mental anak, beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika bayi demam yaitu langsung memeriksa suhu tubuh anak. Segera berikan pengobatan yang sesuai dengan usia anak. Kalau perlu Anda bisa mengompres dengan handuk yang telah dibasahi dengan air dingin. Namun jika Anda takut, bisa langsung menghubungi dokter.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan