Kenali Kebutuhan Gizi Bayi Usia 6 – 8 Bulan

Pada saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, sudah waktunya ia mendapatkan Mpasi agar kebutuhan gizi bayi terpenuhi. Makanan Pendamping ASI atau Mpasi adalah makanan dan minuman tambahan yang diberikan untuk bayi.  Karena sistem pencernaan bayi belum bekerja dengan baik, maka pemberian Mpasi tidak boleh sembarangan, mulai dari bahan yang digunakan, proses pembuatan hingga cara memberikannya.

Tujuan pemberian Mpasi juga sebagai persiapan atau masa pengalihan menuju makanan setelah ia berusia 1 tahun. Dengan demikian, orang tua tidak perlu khawatir anak sulit makan saat memasuki usia selanjutnya. Adapun jumlah/ banyaknya pemberian Mpasi harus mencukupi kebutuhan gizi bayi, artinya sumber nutrisi yang ada pada makanan harus seimbang dengan kebutuhannya.

Apabila kebutuhan nutrisinya tidak terpenuhi dikhawatiran bayi akan kekurangan gizi dan yang paling berbahaya tumbuh kembangnya mengalami hambatan. Selain itu kekurangan nutrisi bisa menyebabkan bayi rentan terkena penyakit. Lebih jelasnya berikut beberapa hal yang harus orang tua ketahui mengenai pemberian Mpasi pada bayi usia 6-8 bulan.

Berat Badan Ideal

Cara mengetahui berat badan ideal bayi usia 6-8 tahun bisa dengan rumus : (umur bayi / 2) + 4. Contohnya: jika bayi Anda usianya 7 bulan maka berat badan idealnya adalah:

(7/2)+4 = 7,5kg. Jika bayi Anda memiliki KMS atau Kartu Menuju Sehat bisa diketahui kenaikan berat badannya setiap perbulan.

Jenis Makanan

Jenis makanan tambahan bayi usia 6-8 bulan adalah yang cair atau lumat. Berikut ini beberapa jenis makanan untuk bayi yang bisa Anda jadikan pilihan:

  • Bayi usia 6-7 bulan

Saat usia 6-7 bulan, buah-buahan merupakan jenis makanan yang tepat. seperti: pisang raja, pisang ambon, labu kuning, jeruk manis, papaya, alpokat dll. Buah-buahan yang dipilih harus dilumatkan/ dihaluskan terlebih dulu. Agar buah yang sudah halus lebih cair bisa tambahkan ASI sebagai campurannya.

Berikan makanan tersebut 2 sendok saja sekali makan, berikan 2 kali sehari. Setiap jenis buah yang dipilih, diberikan 2-3 hari berturut turut, tujuannya agar anak bisa mengenal dan terbiasa dengan rasa.

  • Bayi usia 7-8 bulan

Selain buah saat memasuki usia 7-8 bulan, bayi sudah bisa diberi bubur saring dengan bahan-bahan yang mengandung sumber karbohidrat, seperti: beras, kentang, kacang hijau, macaroni atau roti. Anda sudah bisa memberikanmakanan yang mengandung protein hewani dan nabati contohnya sayur-sayuran.

Sedangkan untuk protein hewani bisa dimulai dengan memberikan kuning telur. Sebaiknya hindari dulu memberikan putih telur karena bisa menimbulkan alergi.

Itulah penjelasan mengenai pemberian Mpasi untuk bayi usia 6-8 bulan yang harus orang tua ketahui. Selain itu agar gizi bayi terpenuhi pastikan cara pengolahannya dilakukan dengan cara yang benar. Dan berikan makanan setahap demi setahap, mulai dari yang cair lalu meningkat hingga ke tekstur yang lembut dan agak kental.

 Kenali Kebutuhan Gizi Bayi Usia 6 – 8 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *