Kenali Kriteria Tempat Tidur Bayi Ideal untuk Kenyamanan Si Kecil

Memiliki bayi tentu adalah hadiah terindah yang tidak bisa dinilai dengan apapun. Itulah mengapa setiap orang tua harus bisa merawat si kecil dengan baik sejak awal kelahirannya. Untuk bayi yang baru lahir, waktu terbanyaknya akan dihabiskan di tempat tidur. Itulah penting bagi setiap orang tua Untuk memaksimalkan kualitas tidur bayi dengan memilih tempat tidur bayi yang tepat dan ideal. dengan adanya tempat tidur yang nyaman, maka si kecil akan bisa nyenyak tidur dan waktu istirahatnya pun semakin maksimal sehingga bisa meminimalisir rewel.

Perlu diketahui jika untuk bayi baru lahir, waktu tidurnya bisa mencapai 20 jam. Itulah mengapa tidur sangat penting baginya. Untuk menunjang kenyamanannya selama 20 jam tidur itulah maka setiap orang tua harus memberikan tempat tidur khusus yang akan memberikan kenyamanan baginya. Tidak perlu khawatir karena tempat tidur yang nyaman tidak selalu mahal, melainkan harus sesuai dengan kriteria. Lalu seperti apa kriterianya? Simak ulasannya:

  • Perhatikan jarak dari satu bilah ke bilah lainnya pada boks bayi. Jarak antar bilah tidak boleh terlalu sempit namun juga tidak boleh terlalu lebar. Rekomendasinya adalah jarak bilahnya kurang dari 6 cm untuk mencegah agar kepala bayi tidak terselip pada tengahnya.
  • Bilah naik turun memang menjadi tempat tidur bayi yang sedang tren, namun justru hindari model semacam ini karena kerapkali pabrikan atau produsennya salah desain atau terjadi kecacatan. Bahkan tak jarang orang tua juga salah dalam merakit sehingga bilah kerap turun dengan sendirinya sehingga menjadikan bayi jatuh saat berpegangan.
  • Perhatikan ke detil terkecil yaitu bagian paku, sekrup dan baut. Jangan sampai ada bagian yang kurang terpasang dengan baik karena akan mempengaruhi kekokohan dari tempat tidur dan bisa juga menjadikan bahaya untuk bayi.
  • Tempat tidur lama terkadang memang masih berbentuk bagus, namun ketahanannya belum tentu masih baik. Untuk itu, lebih baik membeli lagi yang baru.
  • Beberapa produsen banyak yang menjual tempat tidur tanpa matras atau matras dijual secara terpisah. Untuk itu, Anda juga harus memperhatikan detail pada matrasnya. Matras khusus bayi banyak yang memilih yang empuk padahal justru tidak tepat. Untuk matras bayi lebih baik memilih yang agak keras dan kokoh sehingga bisa menghindarkan si kecil dari sindrom kematian mendadak dan mampu menopang tulang punggung si kecil.

Baca juga beberapa tips tentang dunia bayi hanya di alatbayi.net

Itulah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan dalam memilih tempat tidur bayi. Jika bayi baru lahir, ada baiknya jika Anda menempatkan tempat tidur di dekat dengan tempat tidur Anda sehingga jika bayi menangis dan butuh sesuatu Anda bisa langsung sigap dalam merawat dan memberikan kebutuhan si kecil.

 

Be Sociable, Share!
 Kenali Kriteria Tempat Tidur Bayi Ideal untuk Kenyamanan Si Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *