Kenali Tanda Bayi Saat Harus Mulai Dikenalkan dengan MPASI Sehat

Semenjak lahir hingga anak berusia 6 bulan, anak haruslah mendapatkan makanan yang paling tepat untuk pertumbuhannya yaitu ASI. ASI ini mengandung segala jenis nutrisi yang tepat untuk perkembangan bayi dan sempurna untuk usianya. Namun ketika anak sudah berusia 6 bulan, anak sudah perlu mendapatkan konsumsi makanan tambahan sehingga bisa tumbuh dengan lebih baik yaitu MPASI sehat.

Berikut ini beberapa tanda anak sudah siap untuk menerima MPASI:

  • Kekuatan kepala anak sudah cukup baik dimana Ia sudah mampu menahan kepala hingga posisi tegak stabil.
  • Bayi juga sudah mulai bisa berhenti memakai lidah untuk mendorong keluar makanan dari mulut sehingga Ia bisa menyimpan makanan di dalam mulut.
  • Bayi juga sudah mampu duduk sambil bersandar dengan baik sehingga Ia mampu menerima makanannya.
  • Untuk sebagian bayi, kerapkali mereka terlihat lapar meski sudah minum ASI atau susu formula 8 hingga 10 kali sehari.
  • Bayi juga mulai terlihat tertarik dengan makanan yang Anda santap.

Untuk bisa memilih MPASI sehat, maka Anda bisa menjadikan buah-buahan sebagai alternatif makanan si kecil. Buah memiliki banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. semua buah pun juga bermanfaat untuk si kecil dan mampu mendukung tumbuh kembangnya dengan baik. Buah-buahan menjadi makanan pendamping yang bisa diperkenalkan pada tahap awal si kecil.

Namun untuk memilih buah pun bukan semua bisa dipilih, namun untuk memperkenalkannya Anda bisa memilih beberapa buah berikut ini:

  • Pisang – pisang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh diantaranya kalium, fosfor, asam folat serta vitamin A sehingga baik untuk kesehatan bayi. Dalam penyajiannya, pisang bisa diberikan kepada bayi dengan cara dikeruk dagingnya yang lembut dan disuapkan pada bayi. Banyak juga yang menyajikannya dengan menambahkan pure sehingga rasanya lebih lezat.
  • Jeruk – untuk pemberian buah yang satu ini cukup mengkhawatirkan mengingat tidak semua jeruk memiliki rasa manis. Namun untuk memberikan pada anak, pastikan memilih jeruk manis dengan cara dikupas dan peras airnya dan air tersebut diberikan kepada bayi. Jeruk memiliki vitamin A dan C yang sangat banyak sehingga patut dipilih.
  • Tomat – kalsium, serat, protein dan natrium yang dikandung pada tomat sangat bagus untuk tubuh bayi. Untuk memperkenalkan pada anak, Anda bisa menjadikan tomat sebagai campuran pada bubur bayi sehingga bisa seperti saus dan pelengkap.
  • Pir – pir mengandung kalium, kalsium dan vitamin C sehingga baik diberikan kepada bayi. Potong kecil buah pir, lalu kukus hingga lunak dan suapkan pada bayi.

Itulah beberapa MPASI sehat yang bisa diberikan kepada bayi sebagai langkah pengenalan makanan. Pastikan tekstur buahnya juga sudah lembut sehingga anak mudah dalam menelannya.

 Kenali Tanda Bayi Saat Harus Mulai Dikenalkan dengan MPASI Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *