Keuntungan dan Manfaat Memberi Bayi ASI Eksklusif

ASI merupakan hak bayi yang harus diberikan sejak si kecil lahir ke dunia hingga berusia 6 bulan. Pada periode tersebut, bayi harus diberikan ASI secara eksklusif tanpa ada tambahan makanan lainnya. ASI yang diberikan kepada bayi memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi dan penting untuk bayi agar bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik. Memberikan bayi ASI eksklusif memiliki beragam keuntungan dan manfaat, yaitu sebagai berikut:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi

ASI memiliki kandungan gizi serta zat antibodi sehingga akan membantu tubuh bayi melindungi diri dari segala macam virus serta bateri, sehingga resiko bayi terserang penyakit akan lebih rendah dibandingkan jika tidak mendapatkan ASI eksklusif.

Mencerdaskan Bayi

Air Susu Ibu mempunyai kandungan asam lemak yang berperan penting untuk kecerdasan otak si kecil, sehingga apabila ingin si kecil tumbuh cerdas, maka berilah bayi ASI eksklusif.

Berat Badan Ideal

Bayi dengan tubuh gempal memang terlihat lucu dan menggemaskan, namun bagaimana jika bayi tersebut mengalami obesitas? Oleh karena itu sebaiknya bayi tidak terlalu gemuk dan harus memiliki bobot yang ideal, hal ini bisa didapatkan dengan pemberian ASI eksklusif. Menurut para ahli, ASI memiliki kandungan insulin lebih sedikit dibandingkan dengan susu formula, sehingga tidak memicu pembentukan lemak.

Tulang Bayi Lebih Kuat

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki tulang belakang serta tulang leher yang lebih kuat jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif. Dengan tulang yang kuat, bayi dapat bertumbuh serta berkembang dengan baik.

Selain memiliki banyak manfaat untuk bayi, pemberian ASI eksklusif juga memiliki manfaat yang besar bagi sang ibu, yaitu:

Baca Juga: Fakta Menakjubkan Seputar Dunia Bayi

Tubuh Cepat Langsing

Saat masa kehamilan, tubuh ibu tentunya mengalami peningkatan berat badan yang cukup drastis. Dengan menyusui, maka tubuh ibu akan cepat langsing karena ketika menyusui, kalori akan menyusut hingga 500 kalori per harinya.

Mengurangi Stress

Pada saat menyusui, produksi hormon oksitoksin akan meningkat, dan ini akan membuat tubuh terasa rileks.

Mengurangi Resiko Kanker

Dengan memberikan ASI eksklusif, maka resiko ibu terkena kanker ovarium serta kanker payudara akan menurun, karena dengan menyusui maka produksi hormon estrogen akan lebih bisa ditekan.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, aktifitas menyusui juga akan menguatkan hubungan antara ibu dan bayi karena adanya sentuhan kulit antara ibu dan bayi, juga adanya tatapan mata antara ibu dan anak. Pemberian bayi ASI eksklusif atau bahkan hingga usia 2 tahun juga akan membantu ibu untuk menghemat pengeluaran dibandingkan jika harus membeli susu formula. Jadi, ASI memang memiliki banyak manfaat, sehingga harus diberikan secara maksimal untuk buah hati.

Be Sociable, Share!
 Keuntungan dan Manfaat Memberi Bayi ASI Eksklusif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *