Keuntungan Senam Ibu Hamil untuk Kelahiran

Kehamilan menyebabkan para wanita lebih malas bergerak dan cenderung moody untuk melakukan sesuatu. Tidak sedikit orang yang mengakitkan bahwa rasa malas bergerak dan emosi wanita yang gampang berubah secara drastis saat hamil dengan sebutan “bawaan bayi”. Padahal, ibu hamil sangat dianjurkan untuk beraktifitas seperti biasanya dengan catatan tidak terlalu lelah dan tidak mengangkat beban terlalu berat. Dengan tetap bergerak aktif, janin yang berada di dalam kandungan akan dapat berkembang dengan baik sebab kondisi fisik ibu yang mengandungnya tetap sehat. Terlalu lama istirahat di tempat tidur justru tidak baik bagi kondisi fisik dan psikis ibu hamil kerena ia akan tersugesti bahwa kondisi hamil merupakan kondisi lemah. Untuk itu, sebagian besar dokter kandungan menyarankan ibu hamil untuk tetap bergerak aktif, salah satunya dengan melakukan senam ibu hamil secara teratur. Begitu banyak keuntungan dan manfaat yang diperoleh ibu hamil dari melakukan senam. Berikut ini ulasan tentang keuntungan melakukan senam bagi ibu hamil.

Menguatkan Otot Rahim

Manfaat yang paling besar dari melakukan senam kehamilan adalah untuk menguatkan otot-otot rahim. Ketika persalinan, mulut rahim akan melebar sekitar 1-3 cm, dan ketika kepala bayi mulai keluar, leher rahim akan melebar hingga 4-7 cm, dan ketika badan mulai keluar, rahim akan melebat sampai 8-10 cm. Otot rahim yang kuat tentu akan memudahkan proses kelahiran, sementara otot rahim yang lemah berpotensi menimbulkan pendarahan bagi ibu hemil. Sehingga melakukan senam untuk menguatkan otot rahim sangat dianjurkan.

Baca Juga : Tips Menjalani Masa Kehamilan dengan Sehat dan Menyenangkan

Mempermudah Proses Bukaan

Beberapa gerakan senam kehamilan dirancang untuk membiasakan mulut rahim untuk lebih siap menghadapi proses kelahiran. Melakukan gerakan-gerakan senam hamil secara rutin akan memperkuat bagian-bagian otot tertentu yang sangat berperan selama proses kelahiran. Gerakan senam ibu hamil juga membantu menjadi mulut rahim lebih eleastis. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk memperlancar bukaan dinding vagina ketika akan melahirkan.

Meningkatkan Stamina

Ketika proses persalinan, kondisi fisik dan emosi ibu hamil benar-benar terkuras karena menghadapi proses bukaan  yang tidak sebentar. Tanpa modal fisik dan emosi yang prima, mental si ibu hamil akan lebih mudah drop. Senam ibu hamil yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan stamina. Kondisi fisik dan stamina yang prima ketika menghadapi proses persalinan dipercaya mampu meredakan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan pada proses kelahiran.

Melatih Pernafasan

Proses persalinan mengandalkan kesadaran sang ibu sepenuhnya. Seorang ibu yang menghadapi proses persalinan harus selalu sadar. Ketika proses kelahiran, salah satu hal yang memudahkan keluarnya si bayi adalah pernafasan sang ibu. Pernafasan memiliki peran yang sangat besar dalam proses persalinan. Dengan melakukan senam ibu hamil secara rutin, ibu hamil dilatih untuk mengatur pernafasannya. Pernafasan yang baik selama masa kehamilan dan proses kelahiran juga akan membantu menenangkan si ibu sehingga emosinya lebih stabil.

Be Sociable, Share!
 Keuntungan Senam Ibu Hamil untuk Kelahiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *