Kiat Mencegah dan Mengatasi Bayi Obesitas dengan Benar yang Bisa Anda Terapkan

Kiat Mencegah dan Mengatasi Bayi Obesitas dengan Benar yang Bisa Anda Terapkan

Obesitas atau kelebihan berat badan tidak hanya terjadi pada orang dewasa namun juga bisa terjadi pada anak-anak. Efek atau dampak negatif yang terjadi tidak jauh berbeda dengan efek obesitas pada orang dewasa. Namun sayangnya, banyak yang menganggap jika bayi obesitas itu lucu apalagi di bagian pipinya yang seperti bakpao. Karena hal tersebut, bayi yang kelebihan berat badan biasanya dibiarkan dan akhirnya, berat badan kian meningkat dan akan berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

 Kiat Mencegah dan Mengatasi Bayi Obesitas dengan Benar yang Bisa Anda Terapkan

Untuk mengatasi bayi yang mengalami kelebihan berat badan, Anda bisa melakukan hal berikut ini. Pertama adalah konsumsi makanan yang sehat dan jangan lupa lakukan diet selama Anda hamil. Bayi yang kelebihan berat badan bisa disebabkan karena Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi makanan sehingga berat badan ibu dan anak tidak seimbang. Karena hal tersebut, setiap check up kehamilan, ibu hamil akan selalu ditimbang untuk tahu perkembangan dan kenaikan berat badan yang ideal. 

Kedua adalah dengan memberikan ASI. Walaupun tidak semuanya, namun sebagian besar anak yang mendapatkan ASI akan memiliki berat badan yang ideal dan jikapun kelebihan berat badan, tidak akan terlalu berlebihan dan masih di batas normal. ASI memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi bayi sehingga dengan memberikan ASI eksklusif bisa membantu menurunkan resiko bayi obesitas dan bayi Anda akan menjadi lebih sehat. 

Pencegahan yang bisa Anda lakukan agar bayi Anda tidak mengalami kelebihan berat badan adalah:

  • Jangan memberikan susu formula terlalu banyak dan berikan sesuai dengan ketentuan yang sudah disarankan. Jikapun anak Anda mengkonsumsi susu formula, berikan yang memiliki kandungan gula paling minim sehingga anak Anda tidak mendapatkan asupan gula yang berlebihan.
  • Hindari memberi susu setelah atau sebelum anak makan. Beri jeda waktu agar asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak menumpuk.
  • Memberi makanan sebelum bayi meminta agar tidak makan secara berlebihan. Anda bisa memberikan porsi yang sedikit dengan frekuensi yang lebih banyak.

Jika bayi Anda termasuk sebagai bayi obesitas, penanganan berikut bisa menjadi solusi untuk Anda:

  • Berikan makanan yang memiliki serta yang tinggi dan kurangi memberi makanan yang berlemak dan berkalori yang tinggi.
  • Berikan makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, dipanggang serta hindari jenis makanan yang digoreng.
  • Kurangi pemberian makanan yang mengandung gula yang tinggi misalnya permen ataupun susu formula, cream butter.
  • Kurangi memberikan anak jenis makanan yang siap saji atau junk food karena kandungan kalori dan lemak jahat yang tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan anak.
  • Berikan ASI eksklusif.
  • Jangan lupa untuk mengajak bayi anda beraktivitas misalnya berjalan-jalan atau berlari kecil dan bermain.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan