Kiat Menjalani Masa Kehamilan di Trimester Akhir

Trimester ketiga atau trimester akhir pada masa kehamilan bisa jadi menjadi waktu yang mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi ibu hamil karena menjelang masa persalinan. Bagi ibu yang baru pertama kali hamil tentunya beragam kekhawatiran dan kecemasan akan menghampiri, oleh karena itu, ibu harus bisa menjaga kehamilan dengan baik hingga persalinan.

Berikut ini adalah kiat-kita khusus yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilannya sampai dengan proses kehamilan.

Konsumsi Makanan Bergizi

Saat persalinan, ibu hamil membutuhkan tenaga yang banyak dan besar, oleh karena itu ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang bergizi serta bernutrisi tinggi pada masa kehamilan di trimester akhir. Untuk menjaga kondisi ibu hamil dan janin, ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan omega-3 karena memiliki manfaat yang besar bagi janin.  

Hindari Stres

Stres pastinya akan terjadi pada ibu saat akan melahirkan, oleh karena itu ibu harus bisa mengelola stres dengan baik serta harus selalu berpikiran positif. Ketika stres, ada baiknya ibu mendengarkan aktifitas menyenangkan seperti mendengarkan musik, atau bisa juga ibu hamil menjalani yoga yang bermanfaat untuk relaksasi agar ibu hamil bisa lebih tenang menghadapi persalinan.

Tidur yang Cukup

Pada trimester ketiga, gangguan tidur akan sering dialami oleh ibu hamil, apalagi dengan kondisi perut yang semakin besar, tentunya ibu akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman.  Oleh karena itu, ibu harus bisa mendapatkan posisi yang tepat dan nyaman agar dapat tidur dengan nyenyak serta rileks. Ibu bisa mencoba posisi tidur dengan cara menyamping menghadap ke kanan, kemudian bagian kaki diberi ganjal bantal. Posisi ini selain baik untuk ibu hami juga dapat membuat rileks.

Baca Juga : Tips Mpasi Untuk Menambah Berat Badan Bayi

Jalan-jalan Santai

Untuk memperlancar persalinan, ibu hamil perlu melakukan aktifitas ringan seperti jalan-jalan santai di taman atau di sekitar rumah. Aktifitas jalan-jalan ringan ini selain bisa memperlancar sirkulasi darah juga bisa memperlancar proses persalinan. Selain jalan-jalan ringan, ibu juga bisa mengikuti program senam hamil yang tentunya memiliki manfaat besar bagi kebugaran tubuh agar kuat saat menjalani proses persalinan.

Rileks dan Jangan Panik

Kepanikan jelang kelahiran seringkali terjadi pada ibu hamil, tentunya hal ini sangatlah tidak baik karena justru dapat menghambat proses persalinan. Apalagi jelang persalinan sering terjadi kontraksi dini atau kontraksi palsu yang dapat menimbulkan kepanikan pada ibu hamil. Akan tetapi ibu hamil tak perlu panik karena kontraksi dini merupakan hal yang wajar, ibu hamil tak perlu panik dan harus mengetahui perbedaan antara kontraksi asli dan kontraksi palsu, pada kontraksi palsu biasanya tidak disertai darah atau air ketuban, sedangkan pada kontraksi asli, kontraksi akan disertai cairan ketuban yang pecah serta darah yang keluar dari vagina.  

Menjalani masa kehamilan jelang persalinan selain kesiapan kesehatan, kesehatan mental juga sangat penting. Oleh karena itu selain menjaga kesehatan, ibu hamil juga tidak boleh stres.

Be Sociable, Share!
 Kiat Menjalani Masa Kehamilan di Trimester Akhir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *