Lakukan 3 Persiapan Ini untuk Memberikan Asi Eksklusif

Lakukan 3 Persiapan Ini untuk Memberikan Asi Eksklusif

Menyusui menjadi proses alami yang akan dilalui para ibu paska melahirkan, dan kebanyakan ibu zaman sekarang mempersiapkan diri memberikan ASI eksklusif. Maksudnya adalah ibu nantinya akan merencanakan pemberian ASI sejak bayi baru lahir sampai memasuki usia enam bulan tanpa makanan selain ASI. Tindakan ini ternyata bukan tanpa tujuan dan manfaat sebab pemberian ASI saja selama enam bulan pertama usia bayi bisa mempersiapkan sistem cerna si kecil dengan maksimal.

Lakukan 3 Persiapan Ini untuk Memberikan Asi Eksklusif

Persiapan Memberikan ASI Secara Eksklusif

Namun untuk bisa memberikan ASI secara total tanpa penambahan bahan makanan padat atau semi padat ternyata butuh persiapan. Persiapan berikut ini baiknya sudah dilakukan sejak masih hamil:

  • Menggali informasi laktasi sebanyak mungkin,

Pemberian ASI secara eksklusif pada buah hati bisa jadi tersendat di tengah jalan utamanya adalah karena produksi ASI yang menurun. Mencegahnya ibu bisa menggali info seputar laktasi sejak dini minimal ketika kehamilan memasuki usia 6-7 bulan. Informasi ini bisa didapatkan dari orangtua, tetangga, buku, internet, dan juga dokter kandungan. Sehingga bisa mempersiapkan diri supaya produksi ASI selalu lancar.

  • Menjaga asupan nutrisi,

Mempersiapkan diri untuk memberikan ASI eksklusif pada buah hati juga perlu memperhatikan masalah asupan nutrisi. Selama masa kehamilan ada beberapa nutrisi yang baiknya dikonsumsi dalam jumlah lebih banyak dibanding saat belum hamil. Sebut saja seperti asam folat yang idealnya selama hamil dikonsumsi sekitar 400 mikrogram setiap harinya. Mulailah dari sekarang mencari tahu makanan apa saja yang kaya asam folat sehingga bisa rutin dikonsumsi selama hamil. Menikmati nutrisi terbaik untuk mendukung produksi ASI semakin dini dilakukan akan semakin baik.

  • Belajar teknik relaksasi,

Selama masa menyusui biasanya ibu rentan mengalami stress sebab mengurus bayi baru lahir tentunya tidak mudah. Stress ini semakin dirasakan oleh ibu yang mengurus bayinya di rumah seorang diri. Baiknya selama masa kehamilan sudah belajar teknik relaksasi sehingga bisa mengontrol emosi. Tidak sedikit ibu yang turun tangan sendirian mengurus buah hatinya, asalkan memiliki managemen yang baik dijamin sukses. Tinggal Anda belajar relaksasi saja supaya proses menyusui tidak tersendat dan si kecil mendapatkan ASI secara eksklusif yang memang menjadi haknya.
Selama hamil ibu sudah bisa mempersiapkan diri untuk menyambut masa menyusui dan bahkan bisa bersifat wajib. Sebab dalam kondisi tertentu produksi ASI akan mengalami penurunan bisa karena faktor internal seperti kekurangan nutrisi atau malah terserang stress. Asalkan mempersiapkan badan sejak masih hamil ibu bisa menikmati proses menyusui dengan nyaman dan tenang. Ilmunya sudah didapat tinggal dipraktekkan pelan-pelan, dan pertimbangkan membeli perlengkapan yang bisa menunjang keinginan Anda memberikan ASI eksklusif untuk buah hati tercinta.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan