Makanan Bayi yang Dianjurkan dan Dilarang untuk Dikonsumsi Pada Usia 6 Bulan

Mempunyai anak dan melihat tumbuh kembang anak yang sehat, kuat dan semakin pintar tentu membuat setiap orang tua berbangga hati. Banyak faktor yang mendukung perkembangan buah hati Anda salah satunya dari jenis makanan bayi yang sudah mulai diberikan. Bagi Anda yang mempunyai buah hati berumur 6 bulan tentunya sudah siap untuk makan makanan yang padat. Banyak dipasaran baik toko online atau offline menawarkan berbagai produk asupan makanan untuk bayi secara instan, tetapi hal itu tidak menjamin ketersediaan nutrisi atau vitamin yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Bagi ibu yang mempunyai bayi dalam masa pemberian makanan sangat direkomendasikan untuk memberikan makanan dengan hasil olahan sendiri. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dibutuhkan untuk bayi usia 6 bulan, antara lain:

  1. Pertama Anda dapat menggunakan sereal yang tentu banyak bayi menyukainya, pilih sereal yang mempunyai kandungan baik dan bebas dari gluten.
  2. Kemudian Anda bisa mengolah makanan dari berbagai bahan olahan segar misalnya buah atau sayuran yang dihaluskan. Mulai dari avocado, pisang, pir, kentang, wortel, bayam, brokoli, tomat, atau lainnya.
  3. Membuat bubur khusus untuk bayi mungkin dari bahan yang mempunyai kandungan baik, bisa dari daging yang dihaluskan dan diberi sayuran bayam. Atau jenis lainnya yang merupakan perpaduan makanan anak yang baik. Yang paling penting yaitu kandungan gizi yang ada didalamnya harus diperhatikan.
  4. Bisa juga membuat bubur dari bahan dasar kacang-kacangan misalnya kacang merah, kacang hijau, kacang edamame atau lainnya.

Dari semua bahan tersebut tetap tidak ketinggalan dalam pemberian ASI eksklusif atau bisa juga susu formula, tetapi lebih disarankan pemberian ASI sampai dengan umur anak 2 tahun. Setelah pemberian sayur atau buah-buahan makanan bayi usia 6 bulan bisa di variasi dengan lainnya seperti telur, rot, nasi, ikan atau lainnya. Tetapi itu dilakukan setelah beberapa waktu mengkonsumsi sayur atau buah, pertama makan bayi hanya mampu mengkonsumsi maksimal 2 sendok dalam setiap makannya. Tetapi tentu lama kelamaan porsi itu akan nambah dengan sendirinya.

Setelah pemberian makanan dalam waktu beberapa hari bunda harus cermat melihat reaksi yang ditunjukkan anak. Mungkin Anda mempunyai alergi khusus seperti telur, kedelai, ikan, susu sapi, atau lainnya, secara otomatis sebagai orang tua harus paham untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut. Perhatikan juga pemberian makanan yang mengandung gas seperti pada kacang, gandum, bawang atau lainnya. Hal tersebut tidak baik untuk anak dan memicu kenyamanan bayi setelah mengkonsumsi. Selain itu juga pemberian madu pada usia bayi kurang dari satu tahun lebih baik dihindari, karena itu dapat memicu resiko botulism pada bayi.

makanan bayi 6 bulan wortel

Sebagai awalan Anda dapat menggunakan satu jenis bahan dasar saja untuk pembuatan bubur, seperti contohnya:

  1. Bubur pisang.

    Seperti yang diketahui buah pisang mempunyai kandungan serat dan juga kalium yang sangat baik dan tentunya aman untuk perut bayi. Tetapi jangan terlalu sering juga, bila keseringan mengkonsumsi buah pisang ternyata dapat beresiko terjadinya konstipasi pada bayi. Pembuatan bubur pisang cukup mudah, haluskan buah pisang menggunakan sendok kemudian campur dengan ASI untuk mengencerkan.

  2. Bubur beras merah.

    Selanjutnya beras merah merupakan salah satu bahan makanan yang tidak menyebabkan alergi pada bayi. Cara pembuatan makanan bayi dari beras merah cukup mudah, blender beras merah sampai dengan halus. Kemudian tambahkan air dan masak sampai dengan mendidih, tunggu hingga kurang lebih 20 menit. Sesuaikan air dengan yang Anda harapkan.

Be Sociable, Share!
 Makanan Bayi yang Dianjurkan dan Dilarang untuk Dikonsumsi Pada Usia 6 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *