Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Perut Bayi Kembung

Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Perut Bayi Kembung

Jika Anda seorang ibu, perlu kepandaian dan ekstra waspada dalam memilih makanan untuk si kecil. Hal ini bertujuan untuk mencegah si kecil terkena gangguan pencernaan atau alergi pada makanan. Salah satu gejala yang sering dialami seorang bayi ketika mulai belajar mengonsumsi makanan padat adalah perut kembung. Jangan sepelekan perut bayi yang kembung, sebab hal ini bisa mengakibatkan penurunan nafsu makan pada bayi sehingga berat badan bayi pun ikut turun. Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa membuat perut si kecil kembung antara lain:

Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Perut Bayi Kembung

  • Kacang
  • Kol
  • Jagung
  • Brokoli
  • Kentang
  • Oatmeal
  • Apricot
  • Pir
  • Persik
  • Plum
  • Laktosa, yang terkandung dalam susu sapi

Semua daftar makanan diatas dapat mengakibatkan perut bayi menjadi kembung jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, tidak berlaku bagi seluruh bayi. Setiap bayi dilahirkan memiliki kondisi fisik dan imunitas tubuh yang berbeda-beda. Sebagai contoh, jika bayi Anda mengalami kembung akibat makan bubur atau sereal, hal tersebut bisa jadi menandakan bahwa system pencernaan bayi Anda tidak dapat cocok atau anti terhadap asupan tersebut. Apabila Anda ragu untuk memberikan makanan pendamping ASI, segera konsultasikan hal tersebut pada dokter spesialis anak.

Penyebab Perut Bayi Kembung yang lain

Jika dua jam setelah bayi mengonsumsi makanan bergas perutnya mengalami kembung, maka bisa dipastikan kandungan pada makanan tersebut berdampak buruk pada system pencernaannya. Secara umum, bisa dua atau tiga hari bagi makanan tersebut untuk keluar dari pencernaan si kecil. Selain itu, perut bayi yang kembung tidak selamanya diakibatkan oleh makanan bergas.

Bisa jadi, ada gejala lain yang menyebabkan perut bayi mengalami kembung seperti alergi. Anda bisa melakukan tes alergi untuk mengetahui apakah perut kembung yang dialami bayi merupakan salah satu gejala alergi atau bukan. Apabila ditemukan gejala lain yang muncul pada si kecil, segera konsultasikan kepada dokter spesialis anak.

Apa yang Perlu Anda Lakukan Ketika Perut Bayi Kembung?

Apabila bayi mengalami perut kembung setelah makan, sebenarnya adalah hal yang wajar. Bahkan, bayi bisa mengalami kembung setelah menyusui baik itu ASI maupun susu formula. Adapun cara yang perlu Anda lakukan untuk mengeluarkan gas tersebut yaitu dengan membuat sang bayi bersendawa. Jika cara ini tidak berhasil, baringkan bayi sebentar kemudian Anda bisa mencobanya lagi.

Selain itu, ada cara lain untuk membantu mengurangi kembung pada bayi yaitu membaringkan bayi dalam posisi tengkurap selama beberapa saat. Kemudian, Anda bisa menggerakkan kedua kakinya seperti mengayuh sepeda. Memandikan sang bayi dengan air hangat juga bisa membantu mengurangi kembung pada perut bayi. Semoga berbagai informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan