Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan Dan Harus Dihindari

Menyusui bayi sendiri dengan memberikan ASI merupakan harapan semua ibu. Seperti kita ketahui ASI adalah air susu alami yang memiliki manfaat untuk bayi agar tumbuh kembangnya optimal. Setelah melahirkan, ibu menyusui harus tetap menjaga asupan makanan. Hal ini karena makanan yang dimakan ibu akan dikeluarkan dalam bentuk ASi, sehingga semua kandungan nutrisi akan diserap oleh bayi.

Nah, untuk itu penting sekali Anda mengetahui jenis makanan apa saja yang disarankan dan yang harus dihindari selama masa menyusui. Berikut adalah penjelasannya:

Makanan yang Disarankan Saat Menyusui

Makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui adalah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh ibu dan bayi. Beberapa makanan yang ideal saat menyusui beberapa diantaranya adalah:

  • Gandum dan nasi merah

Gandum dan nasi merah mengandung karbohidrat  yang diperlukan oleh ibu agar produksi ASI nya berkualitas tinggi

  • Telur dan Ikan

Telur dan ikan memiliki kandungan protein, vitamin D yang sangat tinggi. Vitamin D dibutuhkan untuk membantu proses pembentukan tulang bayi. Mengkonsumsi ikan paling sedikit dua porsi perminggu. Pilih jenis ikan yang kaya kandungan DHA, misalnya ikan salmon. DHA terbukti membantu proses perkembangan otak bayi dan mengurangi stress pada ibu setelah melahirkan. Telur dan ikan harus dimasak sampai matang.

  • Sayur-sayuran dan buah-buahan

Sudah bukan rahasia lagi makanan yang berasal dari sayur dan buah sangat baik untuk kesehatan dan berperan penting bagi perkembangan bayi. Buah dan sayur memiliki kandungan mikronutrisi dan serat yang tinggi. Pastikan sayur dan buah yang dikonsumsi terbebas dari pestisida dan dicuci hingga bersih sebelum diproses/ disantap.

Baca Juga: Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi dan Ibu

Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui

Ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan saat menyusui, salah satunya adalah makanan yang menyebabkan bayi alergi. Biasanya alergi menimbulkan reaksi pada bayi, yaitu ditandai dengan gejala seperti:

  • Nyeri pada perut (buang gas, kembung atau bayi sering menarik lutut kea rah perut.
  • Kotoran bayi berlendir dan berdarah.
  • Tinja menjadi keras.
  • Muntah terus menerus
  • Ruam pada kulit, bisa disertai bengkak

Makanan yang jadi pantangan ibu menyusui berikutnya adalah mengkonsumsi kafein, yang biasanya terkandung pada kopi dan teh. Kafein dapat mempengaruhi pola tidur bayi dan membuat bayi gelisah. Jika mengkonsumsi kopi dan teh sebaiknya jangan terlalu banyak.

Ibu hamil yang menyusui harus menghindari makanan yang rasanya eksrim, seperti: pedas, asam, atau pahit. Selain itu hindari makanan cepat saji dan makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna atau makanan yang mengandung bahan kimia.

Selain memperhatikan asupan makanan, hal yang harus dihindari saat ibu menyusui lainnya adalah kebiasaan pola hidup tidak sehat, seperti: merokok, minum minuman beralkohol, begadang dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan Dan Harus Dihindari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *