Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Setelah menjalani persalinan, seorang ibu tentunya harus memberikan ASI bagi bayinya. Oleh karena itu, ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi agar energi ibu meningkat dan staminanya pulih pasca melahirkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan ASI bagi bayi.

Ikan Salmon

Ikan salmon adalah makanan paling baik yang harus dikonsumsi para ibu saat menyusui. Ikan salmon mengandung DHA tinggi yang sangat penting bagi perkembangan syaraf otak bayi. Mengkonsumsi ikan salmon juga membantu dalam mengendalikan mood sehingga mengurangi risiko ibu terkena sindrom baby blues.

Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak penting dikonsumsi oleh ibu saat masa menyusui. Selain karena mengandung kalsiumyang berguna bagi pertumbuhan tulang bayi, susu juga membantu ibu untuk melengkapi kebutuhan protein, vitamin B, serta vitamin D. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, minimal ibu harus mengkonsumsi 3 (tiga) gelas per hari.

Baca Juga : Kandungan Susu Formula untuk Balita Sehat

Daging Sapi Tanpa Lemak

Daging sapi tanpa lemak kaya akan zat besi. Dengan zat besi maka dapat menambah asupan protein serta vitamin B-12 pada ibu yang sedang menyusui.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung protein dan zat besi yang sangat bermanfaat bagi tubuh ibu yang sedang menyusui. Apalagi kacang-kacangan sangatlah mudah ditemukan dan memiliki harga yang murah dan tidak menguras kantong.

Jeruk

Jeruk sangatlah penting bagi ibu yang sedang menyusui karena buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Jika tidak suka mengonsumsi buahnya, maka ibu dapat mengkonsumsi jus jeruk.

Telur

Salah satu jenis makanan yang penting untuk tubuh ibu menyusui adalah telur, karena telur bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang bayi, selain itu telur juga bermanfaat untuk memenuhi asupan protein dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Ibu yang sedang menyusui harus banyak mengkonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli. Sayuran ini memiliki beragam kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, dan anti oksidan.   

Air

Ibu hamil harus mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas per hari. Dengan asupan air yang cukup, maka ibu tidak akan mengalami dehidrasi dan tentunya akan meningkatkan energi serta produksi ASI.

Roti Gandum

Asam folat sangatlah penting bagi perkembangan bayi. Asam folat ini terkandung pada roti gandum yang juga menjadi sumber karbohidrat, energi, dan serat.

Sereal

Sereal atau bubur gandum sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui karena membantu menambah energi pada ibu yang tentunya akan sering bergadang saat tengah malam. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu hamil bisa melengkapi sereal dengan buah-buahan serta susu rendah lemak.

Ibu menyusui memang harus melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya, karena apa yang dimakan, tak hanya bermanfaat bagi tubuhnya, tetapi juga bermanfaat bagi bayi yang sedang mengkonsumsi air susu ibu.

Be Sociable, Share!
 Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *