Makanan Tambahan yang Membantu Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan

Agar pekembangan dan pertumbuhan bayi hasilnya maksimal harus didukung dengan makanan dan nutrisi yang baik sesuai dengan usianya. Ada banyak pertanyaan seputar makanan tambahan. Mulai dari pertanyaan, usia berapa bulan bayi boleh diberi makanan tambahan? Sampai pertanyaan makanan apa yang aman dan cocok diberikan?

Dokter menyarankan bayi bisa diberi makanan tambahan saat memasuki usia 6 bulan. Pertimbangannya adalah untuk mencegah masalah pada pencernaan. Tapi ada juga bayi usia 5 bulan sudah bisa diperkenalkan makanan padat tambahan.

Perbedaan usia pemberian makanan tambahan karena perkembangan dan kemampuan bayi berbeda-beda terutama saat memasuki usia 4 – 5 bulan. Hal ini bisa dilihat dengan frekuensi dan durasi menyusuinya yang terlampau sering. Jika di usia tersebut bayi tidak mengalami masalah kesehatan terutama bagian pencernaannya maka ia sudah bisa diberi makanan tambahan karena pemberian ASI tidak lagi mencukupi kebutuhannya.

Proses mengolah makanan tambahan bayi harus benar-benar diperhatikan. Cara mengolah makanan bayi adalah dengan cara dikukus atau direbus hingga matang dan diberikan dalam kondisi yang halus. Selain itu makanan yang diberikan harus memililiki kandungan vitamin dan gizi yang tinggi.

Berikut adalah jenis makanan tambahan yang membantu perkembangan bayi saat memasuki usia 5 bulan

Baca Juga:Nutrisi Seimbang Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Anak

  • Bubur bayi. Menurut penelitian makanan pertama kali yang baik untuk bayi adalah bubur nasi putih yang dicampur dengan ASI, air putih matang atau susu formula. Bubur nasi putih lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan reaksi alergi.
  • Buah buahan seperti alpukat, pisang yang terlebih dahulu dihaluskan. Bisa ditambah susu agar buah hati lebih senang.
  • Sayur-sayuran hijau yang sudah dihaluskan. Bahan bahan sayuran harus dicuci hingga bersih dengan air yang langsung mengalir dari keran.
  • Mengolah bahan sayuran untuk bayi lebih efektif dengan cara direbus agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Selain itu bisa membuat sayuran lebih empuk dan mudah dihaluskan. Jenis sayuran yang cocok untuk bayi 5 bulan, yaitu wortel, bayam, kembang kol, buncis, dan sayuran hijau lainnya.

Catatan: memberikan makanan tambahan bayi tidak boleh menggunakan bumbu penyedap.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memberikan makanan tambahan, yaitu:

  • Makanan harus halus seperti bubur khusus bayi.
  • Proses memberikan makanan harus setahap demi setahap. Sisipkan makanan dibibirnya, jika bayi suka maka ia akan membuka mulut dan meminta lebih banyak. Berikan 3 – 4 sendok makan teh.
  • Posisi bayi saat makan harus duduk, sehingga makanan yang masuk bisa dicerna dengan baik.
  • Gunakan sendok khusus bayi.
  • Pastikan makanan yang diberikan sudah dalam keadaan hangat atau dingin. Sebelum memasukkan ke dalam mulut bayi pastikan oleh Anda terlebih dahulu apakah suhunya sudah sesuai atau belum

Demikian pembahasan mengenai makanan tambahan yang membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi khususnya seputar kesehatan dan perkembangan buah hati.

Be Sociable, Share!
 Makanan Tambahan yang Membantu Pertumbuhan Bayi Usia 5 Bulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *