Makanan Terbaik Untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Usia 2 sampai 12 tahun merupakan periode penting pertumbuhan anak. Pada periode ini anak dapat tumbuh dengan sangat cepat. Walaupun demikian, anak harus mendapatkan makanan dengan nutrisi yang lengkap dan diolah dengan cara yang baik. Bila tidak, pertumbuhan anak bisa terhambat dan pada kasus yang lebih serius perkembangan dan kemampuan mental dan motoriknya pun bisa terganggu.

Makanan yang diberikan kepada anak harus mengandung protein, kalsium, zat besi, dan vitamin yang penting untuk pertumbuhan anak dan perkembangannya. Nutrisi-nutrisi penting ini dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan susu.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat baik dalam mendukung pertumbuhan anak:

  1. Telur

Telur bisa diolah dengan cara direbus, digoreng, atau bisa juga ditambahkan ke dalam sup, bubur, dan mie. Telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang sangat tinggi. Telur juga merupakan sumber kolin yang paling banyak, yakni nutrisi penting yang membantu perkembangan otak.

  1. Buah beri-berian

Kelompok buah ini biasanya digunakan sebagai penghias makanan, seperti es krim, bolu, dan panekuk, tapi tak jarang juga dimakan langsung. Strawberry dan Blueberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan beberapa fitokimia penting. Zat-zat ini dapat mencegah sel dari kerusakan dan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  1. Gandum

Gandum biasanya diolah menjadi tepung yang menjadi bahan pembuat biskuit, sereal, atau roti. Serat dalam gandum bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga : Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Pada Usia 12 Sampai 24 Bulan

  1. Susu sapi murni

Susu sapi murni umumnya diminum langsung atau disajikan dengan sereal dan buah-buahan. Susu sapi merupakan sumber kalsium dan fosfor yang penting untuk pembentukan tulang dan otot anak.

  1. Daging

Daging dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng, direbus, dibuat menjadi bakso, dan masih banyak lagi. Daging kaya akan protein dan zat besi yang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan dan fungsi otak, serta mendukung sistem kekebalan tubuh anak.

  1. Ikan

Sama seperti daging, ikan dapat diolah dengan berbagai cara. Ikan juga kaya akan protein yang membantu pembentukan otot dan tulang yang sehat. Ikan berminyak, seperti salmon, tuna, dan sarden, kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting untuk perkembangan mata, otak, dan saraf.

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna cerah

Buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna cerah bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi salad dan sop. Buah-buahan dan sayur-sayuran berwarna cerah, seperti wortel, labu, ubi jalar, tomat dan buah pepaya, kaya akan beta karoten dan karotenoid yang akan diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kulit dan penglihatan, pertumbuhan anak, dan perbaikan jaringan tubuh.

Be Sociable, Share!
 Makanan Terbaik Untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *