Manfaat Melakukan Sunat Bayi Laki-laki

Sunat atau khitan pada awalnya hanya merupakan seruan wajib bagi umat Islam yang harus dilakukan oleh kaum laki-laki. Namun saat ini ternyata dunia modern juga mengakui kebaikan sunat untuk kaum laki-laki terutama dari aspek kesehatan. Karenanya lembaga kesehatan dunia telah menyarankan semua anak laki-laki bahkan pria dewasa yang belum di sunat melakukan sunat untuk mencegah dari berbagai penyakit infeksi saluran kemih dan reproduksi. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sunat bayi laki-laki ketika dia baru lahir ke dunia.

Menyunat bayi laki-laki dahulu dianggap masih rawan karena perkembangan bayi yang belum sempurna. Namun ternyata saat ini hal tersebut justru sangat disarankan. Hal ini berkaitan dengan pola regenerasi sel pada bayi berlangsung sangat cepat dibandingkan pada masa anak-anak dan dewasa. Oleh karena itu jika bayi terluka maka luka tersebut akan lebih cepat sembuh dan berganti dengan sel yang baru sehingga proses perawatan dan penyembuhannya tidak memakan waktu yang lama.

Selain dari aspek kesehatan di atas, ada manfaat lain yang bisa diperoleh apabila orang tua langsung melakukan sunat bayi laki-laki setelah lahir, yaitu:

  • Mengurangi biaya khitan apalagi jika dibandingkan dengan biaya dan perayaan khitan jika dilakukan ketika anak menginjak usia lebih dewasa.
  • Anak tidak akan mengingat rasa sakitnya sehingga tidak memiliki trauma yang bisa terjadi.
  • Lebih steril karena dilakukan langsung saat bayi baru lahir.
  • Proses lebih cepat dengan perawatan yang lebih mudah daripada setelah dewasa.

Saat ini di berbagai dunia telah dilakukan kampanye untuk mensosialisasikan praktek sunat bayi ini untuk mengurangi penyakit infeksi yang bisa terjadi saat anak menginjak dewasa. Para pria dewasapun yang belum di sunat meski tidak beragama Islam sudah mulai banyak yang melakukannya untuk mencegah penyakit-penyakit tersebut. Banyak rumah sakit yang sudah mulai memberikan paket sunat bersamaan dengan proses kelahiran untuk bayi laki-laki agar orang tua tidak perlu memikirkannya lagi kelak di kemudian hari ketika anak telah beranjak usianya.

Bagi Anda yang sedang menanti kelahiran seorang putra, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter yang nantinya membantu Anda melahirkan. Apakah tidak sebaiknya melakukan sunat bayi laki-laki untuk bayi Anda agar berbagai kelebihan di atas bisa dirasakan oleh bayi dan keluarga. Tanyakan juga apakah rumah sakit tempat Anda berencana melahirkan sudah memiliki fasilitas untuk melakukan sunat bayi dan berapa biayanya. Dengan begitu Anda bisa langsung memutuskan apakah bayi laki-laki Anda nanti akan langsung di sunat setelah dilahirkan atau menunggu nanti ketika ia lebih dewasa. Keputusan menyunat bayi adalah sepenuhnya berada di tangan orang tua dengan memperhatikan aspek-aspek kesehatan, sosial dan manfaatnya.

 

 Manfaat Melakukan Sunat Bayi Laki-laki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *