Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi dan Ibu

alatbayi.net-asi eksklusif

Secara alami setelah ibu melahirkan akan menghasilkan air susu atau ASI. Bisa memberikan ASI eksklusif pada buah hati merupakan anugerah yang besar. Mengapa demikian? Karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang unik yang tidak ada di dalam susu formula merk apapun.

Memberikan ASI sampai 6 bulan atau ada juga yang memberikan ASI hingga usia bayi 2 tahun sangat disarankan, karena manfaatnya yang begitu besar. Setelah bayi usianya 6 bulan, ibu sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI. Berikut adalah sejumlah manfaat ASI eksklusif untuk bayi dan ibu

Manfaat ASI untuk Bayi

  • Bayi yang diberi ASI imunnya lebih baik. Ia akan lebih tahan terhadap serangan penyakit dan infeksi dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI. Saat menyusui antibody ibu akan keluar bersama air susu dan masuk ke dalam tubuh bayi.
  • Bayi yang diberi ASI ketika sudah besar cenderung terhindar dari sejumlah penyakit, seperti: kangker, jantung, diabetes, multiple sclerosis.
  • Bayi yang diberi ASI terhidar dari obesitas atau berat badan yang berlebih.
  • ASI bermanfaat melindungi bayi dari alergi ekstrim, infeksi telinga dan terserang diare.
  • Dalam beberapa penelitian ASI tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan otak bayi. Namun juga berguna untuk psikologisnya. Peneliti menemukan bayi yang diberi ASI rata-tata lebih matang secara psikologis, tegas dan lebih percaya diri.

Baca juga: Manfaat Penting Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Manfaat ASI Untuk Ibu Menyusui

ASI tidak hanya bermanfaat untuk bayi saja namun memberikan manfaat bagi ibu yaitu:

  • Ibu yang menyusui sedikit kemungkinan terkena kangker rahim, payudara dan osteoporosis.
  • Setelah melahirkan berat badan ibu akan bertambah, dengan memberikan ASI ibu lebih mudah menurunkan berat badannya. Karena selama menyusui, kalori di dalam tubuh lebih mudah terbakar.
  • Aktivitas menyusui membantu melepaskan hormone oksitosin sehingga kondisi rahim kembali normal.
  • Menyusui menjadi kontrasepsi alami dan mencegah terjadinya kehamilan lagi.

Selain itu manfaat pemberian ASI untuk ibu dan bayi adalah kedekatan emosional antara keduanya yang erat. Karena saat menyusui ibu akan memegang, menggendong dan memeluki bagi sehingga terjadi pengalaman secara psikologis.

Selain dari segi kesehatan, pemberian ASI juga bermanfaat secara ekonomi. ASI lebih  murah dibandingkan susu formula. Nah jadi tidak ada alasan tidak bisa memberikan ASI  jika sudah mengetahui segudang manfaatnya untuk ibu dan bayi.

Jika Anda mengalami gangguan saat menyusui, contohnya air susu susah keluar, bayi tidak mau menyusu langsung dari putting bisa mencari cara lain yang tepat agar bayi masih bisa mengkonsumsi ASI eksklusif atau Anda bisa konsultasikan ke dokter, keluarga dan orang-orang yang sudah berpengalaman. Semoga artikel ini menambah informasi dan bermanfaat.

Be Sociable, Share!
 Manfaat Memberikan ASI Eksklusif Untuk Bayi dan Ibu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *