Manfaat Penting Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Memberikan ASI eksklusif adalah kewajiban para ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupan makanan bagi sang buah hati. Pemberian ASI eksklusif dianjurkan selama 6 bulan sejak bayi baru lahir. Hal ini bukan hanya diterapkan untuk memenuhi asupan gizi bagi si kecil, namun juga memberi banyak manfaat penting bagi ibu menyusui. Kedekatan intern antara ibu dan buah hati juga dapat terjalin dengan pemberian ASI eksklusif. Berikut ini beberapa manfaat penting dari masa pemberian ASI eksklusif terhadap ibu yang menyusui, antara lain:

  • Mengurangi berat badan.

Berat badan ibu yang jauh meningkat ketika menjalani proses kehamilan dapat ditangani secara alami dengan memberikan ASI eksklusif pada buah hati. Pemberian ASI eksklusif pada si kecil dapat membantu mengurangi berat badan dari ibu yang menyusui. Ketika memberikan ASI eksklusif, kalori yang keluar dari tubuh cukup tinggi yaitu mencapai 200 hingga 500 kalori per hari. Kalori yang keluar dari proses menyusui setara dengan kalori yang terbakar ketika berolahraga renang, bersepeda atau aktivitas fisik yang lain. Karena itulah menyusui sangat berguna untuk menurunkan berat badan secara alami.

  • Meminimalisir resiko kanker payudara dan rahim.

Manfaat menyusui sangatlah besar bagi ibu dan buah hati. Memberikan ASI eksklusif dapat membuat kesehatan si kecil terjaga dan terlindung dengan baik, begitu pula bagi sang ibu yang menyusui. Resiko penyakit seperti kanker payudara dan rahim dapat diminimalisir apabila ibu memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Persentase pencegahan kanker tersebut mencapai 20% berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

Baca juga: Tips Menyimpan ASI Perah Agar Tahan Lama

  • Menjadi alat kontrasepsi alami.

Aktivitas ibu menyusui dalam memberi ASI eksklusif dapat dimanfaatkan sebagai alat kontrasepsi alami. Pemberian ASI yang dilakukan secara eksklusif pada buah hati dapat merangsang hormon yang disebut dengan hormon prolaktin. Hormon tersebut merupakan hormon yang dapat menghambat proses pematangan dalam sel telur sehingga dapat dimanfaatkan untuk menunda masa kesuburan. Dengan kata lain, menyusui si kecil secara eksklusif dapat membantu mengontrol masa kehamilan dan merealisasikan program keluarga berencana.

  • Mengurangi resiko osteoporosis.

Manfaat menyusui bagi ibu dari segi kesehatan sangatlah banyak dan beragam. Salah satu contohnya yaitu mengurangi resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Ibu yang memberikan ASI secara eksklusif akan memiliki kepadatan mineral tulang yang meningkat sehingga penyakit osteoporosis dapat dihindari dan dicegah. Itulah sebabnya memberikan ASI secara eksklusif dapat menjadi modal investasi kesehatan yang sangat baik di hari tua.

  • Membuat rahim kembali ke ukuran normal.

Proses menyusui yang dilakukan oleh ibu pada buah hati dapat membantu proses terjadinya kontraksi rahim. Kontraksi tersebut dapat terjadi karena adanya hormon oxytocin. Proses kontraksi membuat posisi rahim akan kembali ke ukuran semula atau posisi normal dengan baik. Selain itu, posisi rahim yang kembali ke posisi semula dengan cepat juga dapat mencegah pendarahan terjadi.

Selain manfaat di atas, pemberian ASI eksklusif yang dilakukan oleh para ibu juga dapat dilakukan sebagai wujud kasih sayang yang diberikan pada si kecil. Hubungan batin yang terjalin antara ibu menyusui dengan buah hati semakin erat berkat pemberian ASI eksklusif. Sentuhan dan dekapan selama proses menyusui dapat memberikan pengaruh emosional yang baik dan memberi ketenangan tersendiri bagi ibu dan buah hati. Itulah sebabnya memberi ASI eksklusif begitu penting dan dibutuhkan bagi ibu maupun si kecil.

Be Sociable, Share!
 Manfaat Penting Pemberian ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *