Manfaat Senam Ibu Hamil

Dewasa ini, banyak cara yang dilakukan para ibu hamil untuk memberi rasa rileks serta untuk memperlancar proses persalinan, salah satunya adalah dengan senam ibu hamil. Senam ini memiliki banyak sekali manfaat bagi ibu hamil, baik itu manfaat untuk fisik maupun untuk mental dan psikologis:

  • Mengurangi Rasa Lesu

Ibu hamil seringkali merasakan perbedaan dalam tubuhnya yang menyebabkan ibu lelah, letih, dan lesu. Oleh karena itu, ibu hamil perlu melakukan senam hamil, hal in bertujuan untuk meningkatkan energi serta membuat ibu lebih bersemangat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Gerakan senam yang dilakukan oleh ibu hamil dapat menguatkan kardiovaskular sehingga tubuh ibu hamil tidak akan mudah lelah ketika melakukan aktifitas sehari-hari. 

  • Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang cukup sangatlah dibutuhkan oleh ibu hamil, akan tetapi para ibu hamil seringkali sulit memiliki kondisi tidur yang berkualitas, salah satunya adalah karena ibu hamil sulit mendapatkan posisi yang nyaman, apalagi ketika kandungan sudah mulai besar. Dengan melakukan senam hamil, peredaran darah dalam tubuh ibu akan menjadi lancar, sehingga ibu dapat tidur lebih nyenyak.

  • Mengurangi Stres

Tak dapat dipungkiri bahwa ibu hamil kerap kali dilanda stres dan perubahan mood yang mengganggu keseharian. Senam hamil bisa menjadi salah satu solusi dimana dapat membantu ibu untuk mengurangi stres dan mood yang tidak stabil.

  • Mengurangi Rasa Tidak Nyaman

Rasa nyeri pada bagian pinggang dan punggung kerap diderita oleh ibu hamil, dengan melakukan senam hamil, ibu akan dapat mengurasi rasa tidak nyaman, pusing, serta nyeri saat hamil.

Baca Juga : Keuntungan Senam Ibu Hamil untuk Kelahiran

  • Mengurangi Risiko Konstipasi

Konstipasi atau sembelit tentunya menjadi sesuatu yang tidak nyaman ketika masa kehamilan dan ini tentunya membuat sistem pencernaan tidak sehat. Oleh karena itu, ibu hamil perlu melakukan senam hamil agar konstipasi atau sembelit dapat berkurang sehingga pencernaan menjadi lancar.

  • Menekan Risiko Obesitas

Ibu hamil memang selalu mengalami kenaikan berat badan, akan tetapi kenaikan berat badan ini harus tetap dikontrol agar tidak terjadi obesitas yang justru bisa membuat kehamilan menjadi tidak sehat. Salah satu cara untuk mengurangi risiko obesitas adalah dengan senam ibu hamil.

  • Meningkatkan Kebugaran

Kebugaran ibu hamil dapat terjaga dengan melakukan senam, sehingga ibu hamil dapat tetap beraktifitas dengan tenang dan penuh energi.

  • Memperlancar Proses Persalinan

Jelang persalinan, ibu hamil seringkali mengalami ketakutan dan kecemasan jika persalinan tidak berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, ibu hamil sangat perlu melakukan senam hamil agar persalinan dapat berjalan dengan lancar. Dengan melakukan senam, maka saat proses persalinan otot-otot rahim akan terlatih sehingga proses persalinan pun akan berjalan dengan lancar.

Senam ibu hamil memang diperlukan, namun dalam pelaksanaannya para ibu harus berhati-hati. Ibu hamil bisa mengikuti kelas senam di klinik atau rumah sakit yang tentunya akan lebih teratur dan tertata pelaksanaannya.

Be Sociable, Share!
 Manfaat Senam Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *