Masalah Yang Sering Terjadi Saat Memberikan ASI Eksklusif dan Cara Mengatasinya

Memberikan Asi eksklusif yang sehat adalah harapan semua ibu. Namun pada kenyataannya ada kadang ada beberapa masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui. Salah satunya adalah ASI keluar sedikit, tidak lancar atau cair. Ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut, yaitu:

  • Bayi kurang mampu menghisap putting dengan baik, mengakibatkan payudara kurang mendapatkan rangsangan sehingga ASI yang keluar sedikit.
  • Kapasitas penyimpanan ASI sedikit hal ini berhubungan dengan jaringan kelenjar fungsional. Kapasitas penyimpanan ASI tidak ada hubungannya dengan besar kecilnya ukuran payudara.
  • Kurangnya asupan nutrisi. Makanan yang mengandung nutrisi dan gizi sangat membantu kelenjar memproduksi ASI eksklusif yang banyak dan sehat.
  • Karena faktor kesehatan, misalnya: ibu menyusui sedang sakit, terlalu lelah
  • Karena faktor keturunan atau gen.
  • Saluran susu mengalami penyumbatan.
  • Gaya hidup yang tidak baik, seperti: merokok, minum alcohol dsb.

Selain faktor-faktor diatas masih banyak faktor lainnya yang membuat ASI keluarnya sedikit. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati dan cemas karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar ASI kembali lancar.

Cara Mengatasi ASI yang Tersumbat

Untuk mengatasi ASI yang tidak lancar atau encer sebaiknya menggunakan cara alami dibandingkan mengkonsumsi obat-obatan. Karena obat-obatan mengandung kimia yang bisa beresiko pada bayi. Sedangkan cara dan bahan alami terbukti aman dan tidak mengakibatkan resiko berbahaya. Berikut adalah cara alami mengatasi penyumbatan ASI:

  • Mengompres Payudara

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan penghangatan di area payudara yang tersumbat. Caranya bisa menggunakan bantalan atau handuk yang sudah direndam di air hangat. Lalu kompres pada bagian yang sakit atau disekeliling payudara. Lakukan sebelum menyusui atau dua kali sehari pada waktu pagi dan sore hari secara rutin sampai ASI lancar kembali.

Baca Juga : Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan Dan Harus Dihindari

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Cara kedua yang bisa Anda coba agar ASI lancar adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang bisa membantu proses produksi ASI. Beberapa jenis buah-buahan yang dapat membantu proses produksi ASI adalah: buah papaya, apel, mangga dan buah-buahan lain yang mengandung serat.

Selain buah-buahan ada pula jenis sayuran yang mengandung nutrisi yang baik untuk ASI yaiut: kacang-kacangan, daun katuk, brokoli, labu

Selain dua cara alami tersebut, ada beberapa hal yang tidak kalah penting agar ASI keluar dengan lancar, yaitu: melakukan olahraga yang dapat membantu melancarkan aliran darah, merawat payudara, tidak menggunakan BH yang sempit dsb.

Produksi ASI eksklusif dipengaruhi juga oleh rangsangan dari hisapan bayi. Jadi jangan malas untuk menyusui. Anda harus memiliki motivasi yang kuat untuk memberikan ASI, semua demi kesehatan dan kecerdasan buah hati kelak dan kesehatan diri Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Masalah Yang Sering Terjadi Saat Memberikan ASI Eksklusif dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *