Memandikan Bayi Jangan Asal Pilih Produk Shampo dan Sabunnya

Kebersihan buah hati harus selalu terjaga agar tidak mudah terkena penyakit, itulah mengapa penting bagi para bunda untuk rutin memandikan bayi mereka, paling tidak 2 kali dalam sehari. Mandi ini adalah rutinitas wajib pertama yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan si kecil. Sama halnya dengan orang dewasa yang juga membutuhkannya untuk tetap bersih dan segar. Memandikan bayi tentunya menggunakan beberapa sarana penting seperti halnya air hangat, suhu amat sangat dipertimbangkan untuk kesehatan mereka.

 

Selain dari tingkat suhu air sendiri maka tak kalah penting adalah menggunakan peralatan-peralatan yang tepat untuk memandikan bayi, salah satu diantaranya adalah produk kosmetik atau sabun untuk buah hati. Sabun dan shampo khusus untuk bayi ini sendiri banyak dijual di pasaran dengan harga yang murah dalam berbagai pilihan merk. Namun tentunya para ibu tidak boleh asal dalam memilihnya, mengingat tidak semuanya yang menjamin kualitas untuk digunakan oleh buah hati.

 

Karena banyak juga reaksi buruk yang ditimbulkan ketika si kecil tidak cocok menggunakan produk kosmetik tersebut, diantaranya adalah alergi hingga beberapa dampak berbahaya yang lainnya, berikut ini ada beberapa tips dalam pemilihannya, yaitu:

 

  1. Gunakan produk sabun mandi bayi yang memiliki pH balance atau tingkat keasaman seimbang, karena bagaimanapun kulit mereka masih tergolong sensitif tidak bisa menggunakan produk sabun yang kadar asam atau biasanya lebih tinggi sehingga menyebabkan kerusakan.
  2. Pilihlah produk shampo yang busanya tidak pedih di mata, hal lainnya yang turut menjadi pertimbangan orang tua adalah tingkat kepedihan dari busa produk tersebut, apalagi untuk shampo nantinya akan digunakan pada bagian kepala, sehingga tidak boleh sembarangan dalam memilihnya, patut untuk mempertimbangkan kenyamanan si kecil karena mereka belum bisa berkedip secara normal.
  3. Pilihlah produk yang tidak memiliki wangi menyengat, wangi boleh-boleh saja, namun jangan menyengat, karena hal ini mengindikasikan kandungan parfum yang ada dalam sabun atau shampo tersebut sangat tinggi, parfum ini merupakan bahan kimia yang bisa memicu terjadinya reaksi alergi pada buah hati.
  4. Cermat dalam melihat kandungan bahan yang tertera pada kemasan shampo maupun sabun tersebut, pastikan tidak ada satupun bahan kandungannya yang memicu reaksi alergi pada mereka.
  5. Cek keamanan dari BPOM dan juga pastikan masih layak pakai, layak pakai atau tidaknya produk tersebut bisa dilihat dari tanggal kadaluarsanya.
  6. Pilih yang terbuat dari bahan-bahan alami dan menjamin keamanan, contohnya adalah susu ataupun madu.

 

Memandikan bayi ini juga butuh teknik khusus yang terkadang tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, mulai bagaimana cara memegang dengan satu tangan dan membersihkan tubuhnya. Semuanya dilakukan dengan hati-hati.

 Memandikan Bayi Jangan Asal Pilih Produk Shampo dan Sabunnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *