Memilih Mainan Bayi Edukatif untuk Menunjang Kecerdasan Buah Hati

Sebagian besar diantara orang tua sudah mempersiapkan mainan bayi bahkan sebelum buah hati lahir, dengan memberikan beberapa produk mainan yang disekitarnya akan sangat berguna bagi mereka. Faktanya mainan ini fungsinya bukan hanya sebagai sarana hiburan, melainkan juga untuk menunjang kecerdasan buah hati. Namun juga tak jarang diantaranya produk mainan yang banyak dijual di pasaran bukan tergolong sebagai barang yang aman digunakan oleh buah hati, sehingga para orang tua harus lebih selektif dalam memilihkannya.

Bisa jadi pilihan warnanya bagus juga dibuat dari bahan yang lembut, namun ternyata ada kandungan bahan kimia berbahaya di dalam mainan tersebut. Dampaknya mungkin tidak langsung terlihat, melainkan jangka panjang untuk waktu penggunaan yang lama. Tentunya akan sangat berbahaya bagi mereka. Namun belakangan ini yang jauh lebih berbahaya lagi adalah banyaknya diantara orang tua yang memberikan produk mainan digital untuk buah hati, seperti diantaranya adalah gadget. Dalam jangka waktu lama hal ini juga berpotensi untuk merusak penglihatan buah hati, karena selalu terkena cahaya dan juga radiasi.

Ada banyak diantara jenis-jenis mainan bayi yang sebenarnya aman dan memiliki manfaat edukasi yang sangat tinggi, seperti diantaranya adalah:

  1. Puzzle, mainan dari bahan dasar kayu maupun kertas yang di dalamnya terdapat sebuah gambar terpotong-potong, cara mainnya sangat mudah yaitu cukup dengan menyusun produk yang sudah ada tersebut menjadi gambar utuh, dengan demikian maka nantinya otak juga dipakai untuk berpikir, sehingga membuat anak menjadi lebih cerdas.
  2. Boneka, jenis mainan yang sangat identik dengan anak perempuan, faktanya boneka ini tak selalu memiliki bentuk yang lucu dan digunakan oleh perempuan saja, banyak juga diantara boneka yang dibuat khusus untuk anak laki-laki. Manfaat edukasinya juga sangat tinggi sesuai dengan jenis boneka yang memang dimainkan tersebut.
  3. Lego, jenis yang satu ini umumnya dimainkan oleh mereka yang usianya sudah di atas 3 tahun, karena memang sudah memiliki kemampuan untuk menyusun dan juga dibekali dengan daya kreatifitas, lego bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk mulai dari sebuah hewan, kemudian juga bangunan dan masih banyak lagi, manfaatnya adalah untuk mengikatkan daya kreatifitas buah hati.

Memilih mainan untuk buah hati sebaiknya juga dengan beberapa pertimbangan penting, seperti diantaranya adalah:

  1. Usia, faktor usia menentukan jenis mainan yang cocok untuk mereka, melihat dari segi kemampuan motorik buah hati.
  2. Pilihlah yang aman, tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan juga bentuk yang tajam.
  3. Memilih mainan sebaiknya juga mendasarkan pada cara perawatannya sehingga tetap higienis dan juga tahan lama.

Beli berbagai macam produk mainan bayi sekarang ini juga semakin mudah secara online.

 

 Memilih Mainan Bayi Edukatif untuk Menunjang Kecerdasan Buah Hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *