Menentukan Kapan Melakukan USG

Guna mengetahui kondisi kehamilan, tak jarang pasangan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan. Selanjutnya, dokter bisa menganjurkan melakukan pemeriksaan Ultrasonografi (USG) untuk mengetahui kondisi janin agar lebih akurat. Intensitas pemeriksaan ini dalam masa kehamilan sebenarnya juga tidak harus terlalu sering dilakukan karena meskipun dirasa aman, sebaiknya dilakukan sesuai kebutuhan saja. Umumnya pemeriksaan ini dilakukan beberapa kali menyesuaikan dengan kebutuhan kehamilan, antara lain;

Menentukan Kapan Melakukan USG

Di awal

Pemeriksaan USG dilakukan pertama kali saat memeriksakan diri ke dokter kandungan guna mengidentifikasi kondisi kehamilan, keberadaan dan jumlah janin hingga kondisi organ kelamin dalam meliputi bentuk rahim hingga indung telur. Perlu diketahaui bahwa usia kehamilan dapat ditentukan secara akurat oleh pemeriksaan USG di usia kehamilan 8 sampai 13 minggu.

Pada 11 – 14 minggu kehamilan

Pada masa ini, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada janin semisal Down Syndrome, kelainan pada bagian kepala seperti halnya Hidrosefalus dan Anencefalus, kelainan di bagian perut. Dengan kemajuan peralatan medis saat ini, kelainan terhadap janin bahkan sudah bisa diketahui pada usia kehamilan 9 minggu.

Di 18 – 23 minggu kehamilan

Pemeriksaan pada usia ini dimaksudkan untuk mengetahui adanya kelainan cacat bawaan mayor serta memeriksa kondisi kelainan yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Di masa trimester kedua atau ketiga ini, dokter umumnya menjelaskan perihal ukuran lingkar kepala, lengan atas, lingkar perut, paha, bobot badan, umur hingga bagian dinding perut meliputi letak plasenta, gambaran fungsi tali pusat, kondisi air ketuban, posisi janin. Pemeriksaan pada usia kehamilan ini juga dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada organ janin sekaligus memeriksa aliran darah pada pembuluh darah ibu ke rahim.

Di 21 – 24 minggu kehamilan

Pada masa kehamilan ini, pencitraan USG dilakukan apabila terdapat keluhan yang dirasakan oleh ibu. Pencitraan dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang adanya hambatan terhadap pertumbuhan janin.

Pada masa 32 – 34 kehamilan

Sama halnya dengan masa sebelumnya, pemindaian USG pada usia kehamilan ini dlakukan untuk memeriksa kembali adanya hambatan terhadap perkembangan janin sekalugus mendeteksi adanya ancaman persalinan secara prematur. Apabila kondisi yang tidak diinginkan terjadi, Anda dapat melakukan beberapa terapi hingga persiapan lebih baik.

Jelang persalinan

Pemeriksaan USG terakhir dilakukan mendekati masa persalinan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan dan kesiapan janin, lokasi ari-ari, sampai dengan persentasi (bagian paling bawah) janin di bagian jalur kelahiran, jumlah dari air ketuban dan yang tak kalah penting untuk mengetahui adanya lilitan tali pusat.

Simak juga tips dan trik nya ketika anda akan melahirkan. Baca selengkapnya di alatbayi.net

Demikianlah 6 waktu yang dirasa paling tepat dan efektif untuk melakukan pemeriksaan dengan alat Ultrasonograph selama masa kehamilan. Namun demikian, memeriksanakn kondisi kehamilan kepada dokter dan bidan secara teratur tetap dianjurkan untuk mendapatkan penanganan dan persiapan terbaik. Ketika melakukan USG pertama kalinya, minta rekomendasi kepada dokter terkait kapankah melakukan pemeriksaan berikutnya, mengingat kondisi kehamilan tiap ibu yang beragam.

Be Sociable, Share!
 Menentukan Kapan Melakukan USG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *