Mengatasi Bintik Merah pada Kulit Bayi Menggunakan Lidah Buaya

Kulit bayi yang masih sensitif dan masih beradaptasi, sering kali membuat munculnya bintik merah pada kulit bayi. Bintik merah yang muncul sulit dibedakan, apakah itu dikarenakan gigitan serangga, biang keringat, atau bahkan kondisi lain yang lebih serius. Cara sederhana untuk mendeteksinya adalah jika tidak ada gejala lain bersamaan dengan munculnya bintik-bintik tersebut kemungkinan hanya bintik merah ringan. Biasanya dapat diberikan perawatan sederhana, seperti halnya dengan cara menggunakan manfaat lidah buaya. Akan tetapi, jika disertai dengan gejala-gejala tertentu maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Mengatasai keluhan bintik-bintik merah ringan pada bayi bisa menggunakan bahan sederhana yang ada di sekitar Anda, seperti halnya lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak manfaat terutama untuk kulit, di antaranya sebagai pelembab, meminimalisir strectmark, menghilangkan ketombe pada rambut, dan masih banyak manfaat lainnya.

Sebenarnya apa sih yang membuat aloe vera sangat bermanfaat, yuk kita bahas lebih dalam mengenai tanaman berkasiat yang satu ini :

Tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang berasal dari semenanjung Arab dan tumbuh dengan liar di daerah yang beriklim tropis. Karena banyaknya manfaat yang terkandung, banyak negara-negara yang sudah melakukan pembudidayaannya seperti di kepulauan Canary, Cape Verde, dan Kepulauan Madeira. Bahkan tanaman ini dinaturalisasi di Spanyol Selatan.

Sampai saat ini kurang lebih telah ditemukan 300-400 bahan penting yang terkandung di tanaman lidah buaya. Dan inilah yang membuat tanaman ini sangat istimewa, kolaborasi atas ratusan zat berguna tersebutlah yang membuat lidah buaya memiliki banyak manfaat. Zat-zat yang terkandung di dalam lidah buaya antara lain : monosakarida, polisakarida, asam amino, mineral, dan mikronutrien, serta vitamin.

Monosakarida & Polisakarida

Monosakarida & Polisakarida merupakan senyawa kimia yang terdiri dari karbon, hydrogen, dan oksigen. Juga merupakan salah satu sumber utama energi bagi kehidupan. Monosakarida merupakan senyawa karbohidrat dalam bentuk gula yang paling sederhana, sedangkan polisakarida merupakan senyawa yang terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan monosakarida di tiap molekulnya. Kedua zat ini memiliki efek anti-inflamasi, antibakteri, antiviral, anti-mikotik, dan merangsang kekebalan tubuh.

Asam Amino

Asam Amino merupakan zat organik yang merupakan komponen dasar pembentuk protein. Protein yang terbentuk memiliki fungsi seperti membantu pertumbuhan tubuh, memperbaiki jaringan yang rusak, dan membantu tubuh mencerna makanan. Khusus untuk kulit asam amino juga mampu mempertahankan kelembaban kulit.

Mineral

Mineral merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang, terutama untuk pencegahan penyakit. Zat mineral terdiri atas berbagai ragam jenis, masing-masing dari ragam tersebut memiliki fungsi yang baik untuk kulit. Ragam jenis mineral tersebut antara lain selenium yang berfungsi untuk mencegah kerusakan kulit akibatĀ  sinar UV, tembaga yang bersama dengan vitamin C dan seng mampu menyokong struktur kulit dari dalam, serta sulfur yang dibutuhkan dalam sintesis kolagen, dan masih banyak ragam mineral lainnya.

Beragam Vitamin

Walaupun dibandingkan dengan buah-buahan, lidah buaya relatif memiliki vitamin yang sedikit, namun kandung vitamin dalam lidah buaya berperan penting dalam mensinergikan fungsi kandungan-kandungan lainnya. Di antaranya Vitamin B1yang penting untuk keseimbangan energi untuk manusia, Vitamin B2 yang dibutuhkan tubuh dalam proses detoksifikasi, Vitamin B6 sebagai pembantu enzim dalam membantu metabolisme asam amino, Vitamin B12 yang penting untuk sintesis asam nukleat, dan Vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jika sudah melihat penjelasan mengenai kandungan lidah buaya, sudah tidak mengherankan mengapa tanaman ini dapat bermanfaat untuk menghilangkan bintik merah pada kulit bayi.

Informasi untuk manfaat lidah buaya untuk kulit dicoba juga bisa dibaca di sini.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan