Mengenal Berbagai Jenis Imunisasi yang Harus Diperoleh Anak

Mengenal Berbagai Jenis Imunisasi yang Harus Diperoleh Anak

Imunisasi merupakan sebuah cara yang dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam diri seseorang, sehingga tidak mudah terserang dengan virus ataupun kuman penyakit yang mungkin masuk kedalam tubuh mereka. Sistem peningkatan kekebalan tubuh ini, biasanya akan lebih sering kita temukan diberikan kepada anak-anak, terutama mereka yang berada pada kisaran umur dibawah 5 tahun. Pada usia-usia tersebutlah sistem kekebalan tubuh dalam diri anak masih belum terbentuk dengan sempurna, oleh karenanya cara peningkatan sistem kekebalan tubuh haruslah diberikan. Cara peningkatan sistem kekebalan tubuh ini sendiri, terdiri dari 2 cara utama yaitu dengan sistem injeksi dan pemberian obat oral.

Mengenal Berbagai Jenis Imunisasi yang Harus Diperoleh Anak 

Bagi Anda para orang tua yang memang baru memiliki bayi, ada baiknya Anda mencari informasi secara detail mengenai cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada putra putri Anda, karena cara tersebut haruslah dilakukan, dan memiliki batasan usia yang harus dilakukan dengan tepat. cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini sendiri pun, hanya biasa dilakukan oleh tenaga ahli kesehatan, yang telah memiliki ijin secara resmi untuk melakukan hal tersebut. Jika Anda ingin melakukan cara peningkatan sistem kekebalan tubuh tersebut, maka Anda dapat membawa putra putri Anda ke rumah sakit, dokter anak ataupun bidan yang terdekat dengan wilayah domisili Anda dan terbiasa menangani proses tersebut.

Berikut ini beberapa jenis imunisasi yang harus diperoleh anak, berdasarkan usia yang mereka miliki, dan telah ditetapkan dalam aturan Pemerintah, yang antara lain adalah:

  • BCG, merupakan proses meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak dengan car melakukan injeksi intrakutan pada bagian lengan kanan atas anak, pada saat anak berusia 1 bulan dari kelahiran.
  • Hbo atau yang dikenal dengan Hepatitis B, merupakan prose peningkatan imun pada anak dengan cara injeksi intramuskuler pada anterolateral paha, beberapa saat setelah anak dilahirkan ke dunia.
  • Polio, merupakan cara meningkatkan imun dalam tubuh anak, untuk mencegah terjangkit penyakit lumpuh layu dengan cara meminumkan cairan khusus pada anak. Cara ini dilakukan sebanyak 4 kali ketika anak berusia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan.

Selain sistem peningkatan imun dalam tubuh anak seperti tersebut diatas, masih terdapat banyak lagi proses peningkatan sistem tubuh pada anak, yang memang harus kita lakukan dengan tepat waktu, agar nantinya anak dapat memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Untuk melakukan proses peningkatan imun dalam tubuh anak ini, Anda haruslah memperhatikan waktu dan selalu membawa kartu kesehatan anak. 

Proses imunisasi pada anak yang dilakukan dengan tepat waktu, akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kesehatan tubuh anak Anda. Oleh karena itu selalu perhatikan waktu tersebut dan ajaklah putra putri Anda ke posyandu ataupun tempat ahli kesehatan lainnya untuk melakukan proses peningkatan sistem kekebalan tubuh dengan baik dan tepat.

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan