Mengenal Berbagai Kegiatan Yang Tergolong Senam Ibu Hamil

Bagi wanita, masa kehamilan merupakan masa yang paling berharga. Mereka pasti menginginkan dirinya dan bayi dalam kandungannya terus sehat hingga persalinan nanti. Agar terus sehat dan bugar, selain menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat, ibu hamil harus berolahraga juga. Namun, tentu ini berbeda dengan olahraga untuk orang normal. Ibu hamil hanya bisa melakukan olahraga-olahraga ringan yang dapat digolongkan sebagai senam ibu hamil.

Dengan melakukan senam ibu hamil, ibu hamil akan selalu sehat dan bugar sehingga bisa tetap menjalankan berbagai aktivitasnya. Selain itu, senam ini juga bisa membantu menurunkan ketegangan dan stres saat hamil, terutama menjelang persalinan.

Gerakan senam ibu hamil dirancang khusus untuk menyiapkan otot-otot dinding perut agar lebih kuat dan elastis serta melancarkan proses persalinan. Di samping itu, senam ini bermanfaat bagi kesehatan dan kekuatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Senam kegel

Senam kegel bertujuan untuk menguatkan serta meregangkan bagian panggul pada ibu hamil. Senam ini juga dimaksudkan untuk menguatkan otot pada bagian dasar panggul untuk mempermudah proses kelahiran. Senam ibu hamil ini dapat melenturkan otot-otot di bagian kandung kemih, rahim, rektum, dan uretra. Gerakan senam ini bisa dilakukan sambil berdiri atau duduk dengan durasi kurang lebih 10 menit, 4 kali sehari.

Jalan kaki

Berjalan kaki merupakan salah satu rangkaian kegiatan senam ibu hamil yang akan sangat membantu ibu hamil. Olahraga ini sangat baik untuk menjaga kondisi ibu hamil agar tetap fit dan mampu membantu melancarkan peredaran darah. Berjalan kaki secara rutin bisa membantu melancarkan persalinan.

Peregangan

Latihan ini merupakan relaksasi untuk ibu hamil dan mampu membantu mengurangi rasa nyeri ketika proses persalinan.

Latihan beban

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot-otot sendi dan menjaga kondisi ibu agar tetap fit. Untuk melakukannya, Anda bisa mengangkat beban yang tidak terlalu berat dengan memanfaatkan barbel atau beban sederhana.

Berenang

Salah satu olahraga terbaik untuk ibu hamil ini akan melatih otot-otot di sekitar kaki dan tangan. Anda bisa melakukan olahraga ini selama 15 menit per hari.

Yoga

Untuk membantu merelaksasi tubuh dan membuat mood ibu hamil lebih baik, selain melakukan senam ibu hamil, ada baiknya ibu hamil juga mengikuti kelas yoga. Lewat teknik pernapasan dan relaksasi yang ada pada yoga, ibu hamil akan tetap bugar dan lebih tenang sehingga lebih siap dalam menghadapi persalinan. Anda bisa melakukan yoga secara rutin setiap hari.

Terakhir, sebelum melakukan kegiatan-kegiatan yang tergolong senam ibu hamil ini, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh bisa beradaptasi dan terhindar dari cedera.

 Mengenal Berbagai Kegiatan Yang Tergolong Senam Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *