Mengenal Lebih Banyak Fakta Makanan Bayi “Pure”

Saat bayi menginjak usia 6 bulan, ibu sudah harus memberikan makanan pendamping ASI atau disebut dengan istilah Mpasi. Karena sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan masih dalam proses masa pertumbuhan, maka ibu tidak boleh sembarangan memberikan makanan. Bahkan proses memasak makanan bayi ada caranya tidak seperti masak makanan orang dewasa.

Seputar Bubur Bayi/ Pure

Pure atau bubur adalah makanan yang dilembutkan. Hampir semua makanan untuk bayi dibuat pure. Makanan pendamping asi diberikan harus secara bertahap tidak boleh sekaligus banyak. Pure yang diberikan pada awal pemberian harus encer, hal ini karena sistem pencernaan bayi masih sangat rentan belum bisa memproses makanan yang teksturnya kasar.

Jumlah makanan bayi yang diberikan saat awal perkenalan harus sedikit, misalnya 1 – 2 sendok makan. Baru setelah bertambah usia dan tumbuh kembangnya ibu bisa memberikan pure yang agak kental dan agak banyak.

Baca Juga: Makanan Ibu Menyusui yang Disarankan Dan Harus Dihindari

Proses Mengolah Pure

Pure bisa dibuat sendiri dirumah. Tentu saja bubur yang dibuat dirumah lebih sehat dan Anda bisa memilih bahan-bahan sesuai dengan nutrisi seimbang yang dibutuhkan oleh bayi. Ada banyak bahan yang bisa dijadikan pure, beberapa diantaranya adalah:

Sereal : proses sereal menjadi pure harus melalui proses penghalusan terlebih dulu. Namun ada juga yang dimasak dulu menjadi tepung lalu dihaluskan.

Sayuran : ada banyak jenis sayuran yang bisa dijadikan pure. Kami sarankan untuk pembuatan pure pilih sayuran yang tidak mengandung serat dan banyak menghasilkan gas. Contohnya: bayam, wortel dan buncis. Proses memasak sayuran untuk pure bisa dengan cara dikukus lalu dihaluskan. Proses penghalusan bisa menggunakan bantuan blender agar menghasilkan tekstur yang halus dan lembut.

Buah : Ada beberapa jenis buah buahan yang bisa langsung diberikan tanpa melalui proses terlebih dahulu, misalnya pisang dan papaya. Namun ada beberapa jenis buah yang harus diproses terlebih dahulu, seperti: apel yang harus dihaluskan. Caranya sangat mudah: cuci bersih aple, lalu rebus hingga lunak. Bairkan 10-15 menit. Setelah matang haluskan (bisa menggunakan blender).

Daging dan Ikan : daging dan ikan yang cocok untuk pure bayi adalah yang kandungan lemaknya sedikit, pilih daging ayam tanpa kulit atau ikan tanpa duri. Pastikan bahan-bahan tersebut dimasak hingga matang, lalu haluskan.

Campuran bahan agar encer bisa menggunakan air putih matang atau dengan ASI yang bisa memperkaya nutrisi. Apalagi bayi lebih mengenal rasa ASI sehingga ia bisa lebih mudah menerima makanan.

Dari pembahasan mengenai makanan bayi yang tepat diatas ada beberapa hal yang harus dipahami yaitu: pada saat perkenalan makanan tambahan bayi masih belajar mengunyah dan menelan, jadi hindari memberikan makanan pure yang padat. Karena sistem pencernaannya belum sempurna dan bisa memberatkan sistem pencernaan dan ginjal.

Be Sociable, Share!
 Mengenal Lebih Banyak Fakta Makanan Bayi “Pure”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *