Mengenali Hal-Hal yang Dapat Menghambat Perkembangan Anak

Melihat anak tumbuh dan berkembang dengan baik adalah dambaan tiap orang tua. Tidak heran jika orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Oleh karenanya, penting selalu memerhatikan perkembangan anak, agar hal-hal yang menghambat perkembangan anak bisa dihindari. Perkembangan anak dianggap terhambat apabila anak tertinggal dibanding teman-teman seusianya. Jadi, penting untuk mengenali hal-hal yang dapat menghambat perkembangan anak.

Terhambatnya perkembangan anak harus dilihat secara utuh dan menyeluruh, tidak hanya sebagian saja atau dalam waktu singkat saja. Ada ciri-ciri khusus yang dapat dilihat untuk menentukan apakah perkembangan anak terhambat atau tidak. Dengan tahu ciri-cirinya, tentu orang tua akan bisa mencari solusi untuk mengatasinya.

Ada beberapa ciri perkembangan anak yang terhambat, antara lain

  • Perilaku anak yang dianggap mengganggu baik bagi dirinya maupun lingkungan.
  • Perilaku anak yang tidak sesuai dengan tahapan usia perkembangannya
  • Gangguan perilaku ini sudah muncul dan berlangsung dalam waktu lama
  • Anak ternyata berusaha memertahankan perilaku yang tidak sesuai tadi.

Setelah mengetahui ciri-cirinya, orang tua harus tahu faktor penyebab terhambatnya perkembangan anak tadi. Ada dua faktor utama yang memengaruhi perkembangan anak, yakni faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal

Faktor internal disebut juga faktor bawaan, yakni faktor yang sudah dibawa sejak anak lahir. Bisa diartikan juga, jika potensi tersebut sudah ada sejak anak dalam kandungan dan kemudian dilahirkan ke dunia. Contohnya yang paling umum adalah gen orang tua dan keluarga, kondisi fisik ibu selama masa kehamilan, kondisi psikologis dan mental ibu selama hamil serta ketercukupan nutrisi yang dikonsumsi ibu selama kehamilan. Karena itu, sangat penting bagi ibu untuk memerhatikan benar kondisi fisik maupun mentalnya selama kehamilan.

Faktor eksternal

Faktor eksternal disebut juga faktor luar. Yakni faktor yang dihadapi si anak selama proses perkembangan dari dalam kandungan hingga yang dia alami setelah lahir dan tumbuh serta berkembang. Faktor ini biasanya berasal dari lingkungan keluarga utama, terutama ibu dan ayah si anak.

Contohnya adalah bagaimana sikap orang tua dan keluarga lain saat menerima anggota keluarga baru, si bayi. Pola asuh orang tua, status dan keadaan ekonomi orang tua, latar belakang pendidikan serta lingkungan tempat si anak tumbuh dan berkembang.

Setelah mengetahui ciri-ciri serta faktor penyebab terhambatnya perkembangan anak, artinya Anda sudah bisa paham serta tahu bagaimana mencari solusinya. Perhatian dari orang tua adalah hal yang paling penting dan utama dalam perkembangan anak, meski ada pengaruh dari faktor internal maupun eksternal. Apabila perkembangan anak menjadi normal dan baik, maka orang tua juga yang akan merasa nyaman, lega dan bahagia menyaksikan serta mengikuti tumbuh kembang anaknya.

 Mengenali Hal-Hal yang Dapat Menghambat Perkembangan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *