Menilik Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Pemakaian Bantal Bayi yang Tidak Tepat

Bayi baru lahir mempunyai intensitas tidur, makanya tidak heran jika setiap harinya bayi baru lahir menghabiskan waktu untuk tidur. Makanya sebagai orang tua harus memperhatikan perlengkapan buah hati saat tidur apakah sudah tepat atau tidak. Misalnya saja mulai dari bantal bayi, guling, selimut ataupun lainnya. Karena perlengkapan yang tidak tepat tentu akan membuat tumbuh kembang bayi akan terganggu. Seperti contoh penggunaan bantal yang terlalu tinggi membuat kepala bayi berbentuk peyang ataupun lainnya. Entah mitos ataupun fakta seharusnya sebagai orang tua juga perlu mencari tau supaya tidak terjadi hal buruk kepada buah hati.

Sebenarnya anggapan mengenai bentuk kepala yang dipengaruhi oleh bantal yang digunakan oleh bayi tidaklah 100% benar. Tetapi mungkin memang mempunyai resiko tetapi tingkat kecil, makanya dalam hal ini Anda perlu pahami apakah bantal sudah tepat atau belum. Berikut ini ada beberapa bahaya yang ditimbulkan akibat pemakaian bantal yang tidak tepat, antara lain:

  1. Beberapa fakta mengatakan bahwa menggunakan bantal ternyata memicu adanya sindrom kematian secara mendadak pada bayi.
  2. Kemudian bisa juga menyebabkan bayi sesak nafas.
  3. Dan beberapa bentuk bantal seperti huruf U ternyata membuat kepala bayi susah bergerak ataupun membalik. Sehingga resiko untuk gumoh atau muntah lebih tinggi, akibatnya bayi akan mudah tersedak.

Jika memang mitos mengenai pemakaian bantal bayi yang membuat kepala menjadi peyang mengganggu dan menakutkan akan lebih baiknya menggunakan tips aman berikut ini saat pemilihan bantal. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Baca juga beberapa peralatan untuk bayi yang baru lahir dan simak beberapa tips nya. Lihat selengkapnya di alatbayi.net

  1. Sangat disarankan untuk menggunakan bantal yang mempunyai volume lebih tipis atau bahkan rata dengan tubuh bayi.
  2. Lebih baik menjauhkan bantal dari buah hati Anda saat malam tiba dan jauh dari pengawasan orang tua.
  3. Kemudian Anda bisa membungkus bantal menggunakan kain yang halus dan lembut sehingga tidak merusak kulit bayi.
  4. Sangat disarankan untuk menghindari bantal yang menggunakan beberapa pernak-pernik ataupun manik-manik yang membuat bayi tidak nyaman.
  5. Bersihkan bantal yang digunakan secara rutin, kemudian pastikan bantal untuk bayi dalam kondisi yang kering supaya terbebas dari berbagai kuman ataupun bakteri yang mengancam kesehatan.
  6. Pilih bantal yang menggunakan isian lembut, dengan begitu kepala bayi akan tetap nyaman.

Mempunyai bayi memang bukan hanya masalah memberikan nutrisi yang cukup saja. Tetapi juga mengenai berbagai cara perawatan ataupun cara pemilihan serta penggunaan berbagai perlengkapan secara tepat. Jadi barang sekecil bantal bayi pun akan beresiko tinggi untuk kesehatan buah hati Anda juga tidak diperhatikan dengan baik dari mulai cara pemilihan, penggunaan serta perawatan kebersihan. Dengan beberapa tips diatas diharapkan bayi Anda akan lebih nyaman tumbuh kembang tetap baik.

Be Sociable, Share!
 Menilik Beberapa Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Pemakaian Bantal Bayi yang Tidak Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *