Menilik Manfaat Jika Anda Menyediakan Ayunan Bayi Bagi Buah Hati Anda

Setiap orangtua sepertinya di usia kandungan menginjak 7 bulan sudah menyediakan berbagai perlengkapan bayi, dan salah satunya adalah ayunan bayi. Ayunan khusus untuk bayi memang bisa dibeli di banyak toko khusus perlengkapan bayi dimana model dan jenis material yang digunakan beragam. Sebagian orangtua bahkan membuat sendiri atau memilih memesan ke pengrajin kayu dekat rumah untuk dibuatkan ayunan tersebut. Sebagai perlengkapan bayi, rupanya ayunan tidak bersifat wajib sebab akan tetapi keberadaannya bagi si kecil maupun orangtua memberi beragam manfaat.

Manfaat Ayunan Bagi Bayi dan Orangtua

Selain memutuskan membeli atau memesan ayunan ke tukang kayu, ada kalanya orangtua memanfaatkan kain kemudian diikat ke tiang rumah sebagai pengganti. Tentu menjadi opsional yang lebih ekonomis apalagi secara umum mengayun di kecil pada ayunan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Menjadikan bayi semakin tenang dan nyaman,

Ayunan akan bergerak ke kanan dan ke kiri secara berirama sehingga menciptakan relaksasi pada si kecil. Sehingga membuat bayi akan lebih mudah tenang sekaligus merasa nyaman ketimbang ditidurkan di atas kasurnya. Tentu bisa dijadikan pertimbangan untuk disediakan jika kebetulan si kecil mudah rewel.

  • Memberikan udara segar dan alami pada bayi,

Ketika cuaca lembab dan cenderung membuat badan mengeluarkan banyak keringat tentu membuat bayi merasa tidak nyaman. Mereka akan mudah merasa gerah dan pada akhirnya menjadi rewel, sebagai orangtua tentu tidak baik mengipasi si kecil. Dikhawatirkan malah menjadi masuk angin dan sakit maka baiknya dimasukkan ke dalam ayunan bayi. Sebab ayunan ini selama bergerak akan menciptakan udara sejuk sehingga si kecil bebas dari resiko kepanasan seketika.

  • Memudahkan bayi untuk tertidur lelap,

Ada kalanya karena suatu sebab bayi cenderung susah diajak tidur, padahal orang yang mengasuh dijamin butuh waktu sendiri untuk mengurus berbagai keperluan di rumah. Menyiasati kondisi semacam ini tentu sangat ideal jika memasukan bayi ke dalam ayunan sehingga lebih cepat tidur. Sebab efek dari angin semilir yang dihasilkan saat ayunan bergerak selain menenangkan juga membuat si kecil mudah terlelap, bahkan sangat nyenyak. Maka menjadi salah satu solusi untuk mengatasi anak yang cenderung suka terjaga.

  • Membantu orangtua mengurus beragam kegiatan,

Bayi yang diletakan di dalam ayunan memang cenderung lebih tenang dan meskipun tidak terlelap asal disediakan mainan gantung. Maka si kecil pun akan lebih ceria, meninggalkan bayi di ayunan tentu lebih aman dibanding di atas kasur sebab ada resiko jatuh. Selama si kecil tidak menangis maka pengasuh atau orangtua sudah bisa menyelesaikan pekerjaan lainnya. Kecuali jika si kecil sudah bisa berdiri sendiri, maka baiknya tetap diawasi selama berada di ayunan bayi tersebut.

 Menilik Manfaat Jika Anda Menyediakan Ayunan Bayi Bagi Buah Hati Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *