Mitos Bayi Dilarang Keluar Sebelum 40 Hari dan Penjelasan Rasionalnya

Bayi yang baru lahir mempunyai banyak mitos yang menyelimutinya. Dari yang tidak boleh dibawa oleh orang sembarang, harus selalu membawa gunting, dan masih banyak lainnya. Salah satu mitos bayi yang ada untuk bayi yang baru lahir adalah tidak boleh dibawa kemana-mana sebelum 40 hari. Mitos tersebut mengakar hingga sekarang sehingga tidak boleh untuk membawa bayi keluar sebelum umurnya 40 hari atau lebih dari 2 bulan.

Akan tetapi sama seperti mitos lainnya yang mempunyai tujuan larangan tetapi tidak dijelaskan alasannya secara rinci dan logis. Hal tersebut juga berlaku untuk mitos yang satu ini. Dimana ada beberapa alasan logis yang membenarkan untuk larangan dari mitos tersebut. Adapun beberapa alasan yang logis yang bisa digunakan untuk menjelaskan mitos tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Kondisi bayi yang gampang terkena penyakit

Salah satu alasan mengapa sebaiknya tidak membawa bayi keluar sebelum 40 hari adalah karena kondisi kesehatan bayi yang tidak mendukung. Mitos bayi tidak boleh dibawa keluar rumah selama 40 hari tersebut untuk tujuan baik karena bayi masih sangat rentan terkena penyakit yang mudah ditularkan. Baik oleh udara, virus yang menyebar dengan mudah karena udara dan juga tertular orang yang sakit. Dan juga karena polusi udara serta banyak hal buruk lainnya di luar yang harus dihindari agar bayi tidak mudah sakit. Di dalam rumah dipercaya lebih aman karena tidak akan terkena polusi , bakteri penyakit, dan juga asap rokok dan kendaraan di luar rumah.

Baca Juga: Berbagai Mitos Bayi Baru Lahir, Benarkah?  

  • Resiko terkena penyakit yang besar

Bayi akan sangat mudah terkena penyakit mengingat daya tahan tubuhnya yang lemah. Beberapa hal yang bisa menguatkan kondisi daya tubuh bayi adalah imunisasi, praktek hidup yang sehat dan bersih di rumah, dan juga pemberian ASI eksklusif dari orangtua. Dengan berbagai hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kondisi dan daya tahan tubuh bayi tersebut. Sehingga hal tersebut juga akan membuat bayi lebih kebal terhadap berbagai penyakit yang mudah menular. Oleh karena alasan itulah bayi tidak boleh dibawa keluar kecuali untuk alasan yang penting seperti imunisasi. Karena banyak penyakit di luar yang siap untuk menyerang bayi yang kekebalan tubuhnya belum sempurna.

  • Ibu yang masih belum pulih

Dan mitos bayi mengapa tidak boleh dibawa keluar sebelum berumur 40 hari adalah karena menunggu kondisi ibu untuk pulih sepenuhnya. Setelah melahirkan dengan proses kelahiran baik normal ataupun cesar tentu saja ibu membutuhkan istirahat total. Oleh karena itulah sebaiknya menunggu kondisi ibu yang sehat secara penuh. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti infeksi, pendarahan, dan banyak hal lainnya.

Be Sociable, Share!
 Mitos Bayi Dilarang Keluar Sebelum 40 Hari dan Penjelasan Rasionalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *