Mitos Susu Formula yang Harus Anda Tahu

Tidak ada yang meragukan manfaat susu ibu atau ASI bagi bayi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Tetapi, dalam keadaan tertentu, orang tua kadang terpaksa memberikan susu formula bagi bayi. Baik untuk tambahan saja ataupun pengganti sepenuhnya. Tapi, apakah bayi atau anak yang hanya mendapatkan susu formula saja, pasti lebih buruk dibandingkan anak yang diberi ASI? Belum tentu. Berikut ini akan dipaparkan mitos susu formula yang harus Anda tahu.

Susu Formula Penyebab Kelebihan Berat Badan pada Bayi

Sejumlah penelitian memang menyebutkan jika kelebihan berat badan sering terjadi pada bayi yang minum susu formula. Meski demikian, sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang berpengaruh terhadap berat badan bayi, seperti pola makan dan juga aktivitas bayi.

Bayi yang Minum Susu Formula Lebih Mudah Sakit

Pada ASI, selain terkandung zat gizi yang diperlukan bayi, juga terdapat antibodi yang dapat membuat bayi tahan terhadap penyakit. Tapi, sekali lagi ini juga dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya, kekebalan tubuh ibu yang rendah, juga bisa berakibat pada rendahnya daya tahan tubuh bayi yang minum ASI. Pun pada bayi yang minum susu formula, jika memang daya tahan tubuhnya rendah, tentu akan mudah sakit.

Baca Juga : Tips Sukses ASI Eksklusif bagi Ibu Bekerja

Bayi Minum Susu Formula Sering Buang Gas

Pada sejumlah kasus, bayi juga tetap sering buang gas meski ia minum ASI dari ibunya. Ada banyak hal yang menjadi penyebab bayi mudah buang gas atau bersendawa pada beberapa bulan pertamanya.

Bila ia minum ASI dan sering buang gas, artinya ini berhubungan dengan makanan si ibu. Jadi, si ibu yang harus memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Hindari makanan penyebab munculnya gas. Jika bayi yang minum susu formula sering buang gas, artinya si bayi tidak cocok dengan susu tersebut. Solusinya adalah mengganti dengan merk lain.

Anak yang Minum Susu Formula Tidak Lebih Pintar dari Anak yang Minum ASI

Benar jika ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan bayi. Tetapi, kecerdasan anak nantinya tidak hanya disebabkan oleh jenis susu yang dikonsumsi saja. Ada banyak faktor lain yang terkait, seperti keterlibatan orang tua, lingkungan rumah, televisi/rangsangan buatan lainnya, diet, olahraga, dan bahkan pola tidur.

Bayi yang Minum Susu Formula tidak Memiliki Ikatan Batin dengan Ibu

Menyusui secara langsung memang salah satu cara memperkuat ikatan batin antara ibu dan bayinya. Tetapi, jika Anda memberikan susu formula dengan cara menggendong bayi, tersenyum, bernyanyi, atau mengajaknya bicara, maka ikatan batin antara ibu dan bayi akan tetap terbentuk.

Ikatan batin yang terbentuk antara ibu dan bayinya, bukan semata-mata karena ASI-nya, tetapi karena momen yang terjadi antara ibu dengan bayi.

Informasi di atas bukan untuk membandingkan antara susu formula dengan ASI. Bagi Anda yang terpaksa memberikan susu formula pada bayi Anda, jangan berkecil hati. Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!
 Mitos Susu Formula yang Harus Anda Tahu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *