Mpasi Sehat Terbuat Dari Bahan Buah-Buahan

Saat buah hati Anda memasuki usia 6 bulan sudah saatnya memberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya yang semakn bertambah. Salah satu bahan Mpasi sehat adalah buah-buahan. Namun, walaupun buah memberikan banyak manfaat bagi kesehatan bayi, tidak sedikit ibu yang bingung memilih jenis buah-buahan yang tepat.

Menurut ahli gizi semua buah-buahan baik untuk kesehatan, namun pemberian buah untuk bayi harus disesuaikan dengan usia bayi itu sendiri. Buah menjadi bahan pembuatan Mpasi sehat karena memiliki tekstur yang lembut dan kandungan seratnya cukup banyak.

Mpasi Yang Tepat

Setelah buah hati berusia 6 bulan sudah waktunya diberikan makanan tambahan, karena pencernaannya sudah mulai kuat. Pemberian awal Mpasi harus dilakukan secara bertahap, dari mulai encer hingga teksturnya kental. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian Mpasi buah.

  • Tekstur

Saat pertama kali memberikan bubur buah, sebaiknya haluskan buah terlebih dulu agar teksturnya lembut dan cair. Tingkat kekentalan bubur buah bisa dilihat jika diletakkan pada sendok lalu dimiringkan. Jika bubur buah tidak tumpah berarti tekstur bubur kental.

  • Rasa

Karena sistem pencernaannya belum sempurna dan ia hanya mengenal rasa ASI, sebaiknya berikan buah yang rasanya manis terlebih dulu. Dengan demikian lidahnya mulai beradaptasi dengan rasa selain ASI.

  • Reaksi

Amati dengan seksama reaksi bayi setelah diberikan Mpasi. Caranya bisa dengan mengamati BAB-nya. Apabila BAB nya normal dan tidak mencret maka Anda bisa memberikan kembali.

Jenis Buah-Buahan Untuk Mpasi

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang baik digunakan untuk bahan pembuatan Mpasi:

Baca Juga: Tips Mpasi dengan Benar

  • Pisang

Pisang adalah salah satu andalan para ibu untuk dijadikan bahan Mpasi. Karena pisang banyak mengandung kalium, vitamin A, fosfor dan asam folat. Itu sebabnya buah ini dianjurkan dikonsumsi untuk bayi.

Pilih pisang yang matang, Anda bisa pilih apakah pisang ambon atau pisang raja. Cara mengolahnya bisa dengan cara mengeruk pisang dengan sendok lalu diberikan langsung pada bayi atau bisa juga dijadikan campuran bubur bayi.

  • Alpukat

Alpukat memiliki daging yang sangat lezat. Selain itu kandungan lemaknya merupakan jenis lemak tidak jenuh atau omega 9. Buah ini memiliki segudang manfaat, salah satunya baik untuk kesehatan jantung.

Cara mengolah alpukat untuk Mpasi, bisa dengan cara dikeruk menggunakan sendok lalu diberikan langsung pada bayi. Tekstur buah ini empuk dan lembut, jadi mudah dicerna.

  • Jeruk

Jeruk bisa diberikan sebagai Mpasi pada waktu perkenalan. Pilih jeruk yang manis, misalnya jeruk baby. Kandungan yang terdapat pada jeruk memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu: kalium, kalsium, vitamin C, A, serat dan asam folat. Cara menyajikan jeruk bisa dengan cara diperas lalu disajikan bersama bubur atau pure.

Selain ketiga jenis buah-buahan tersebut, masih banyak jenis buah-buahan lainnya untuk Mpasi sehat, seperti tomat, papaya, apel, pir dsb.

Be Sociable, Share!
 Mpasi Sehat Terbuat Dari Bahan Buah-Buahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *