Nutrisi Seimbang Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Pemilihan makanan tertentu belum tentu dapat membuat anak Anda tumbuh lebih tinggi dari rancangan genetik bawaannya. Namun, memberikan nutrisi yang seimbang dan tepat, yang mencakup jumlah kalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, akan memaksimalkan potensi pertumbuhan anak Anda. Sebaliknya, gizi buruk dapat mengakibatkan pertumbuhan mereka tertunda atau bahkan terhambat permanen.

Penuhi Kebutuhan Protein Anak

Anak-anak yang mengkonsumsi terlalu sedikit protein mungkin tidak akan bisa mencapai potensi maksimal pertumbuhannya. The Institute of Medicine menyarankan agar anak-anak usia 1 sampai 3 tahun mengkonsumsi 13 gram protein per hari; anak-anak usia 4 sampai 8 tahun paling sedikit 19 gram; dan anak-anak usia 9 sampai 13 tahun minimal mengkonsumsi 34 gram protein per hari. Makanan kaya protein di antaranya daging tanpa lemak, ikan, kalkun, ayam, telur, produk kedelai, produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan tinggi protein dari sumber hewani sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan anak sampai potensi maksimal.

Baca Juga : Tahapan Perkembangan Emosi Anak Balita

Perhitungkan Jumlah Kalori yang Dibutuhkan

Selain mengkonsumsi berbagai makanan padat nutrisi, asupan kalori yang tinggi sangat penting bagi pertumbuhan anak dan dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak yang sebelumnya kekurangan gizi. Dietary Guidelines for Americans 2010 memperkirakan bahwa anak-anak usia 2 sampai 3 tahun membutuhkan 1.000 sampai 1.400 kalori per hari; anak-anak usia 4 sampai 8 tahun membutuhkan 1.200 sampai 2.000 kalori per hari; dan anak-anak usia 9 sampai 14 tahun membutuhkan sekitar 1.400 sampai 2.600 kalori per hari. Semakin aktif anak Anda, semakin banyak kalori yang ia butuhkan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, dan anak laki-laki umumnya memerlukan lebih banyak kalori dibanding anak perempuan.

Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral Anak

Vitamin dan mineral dalam jumlah cukup setiap hari memainkan peranan penting dalam memaksimalkan pertumbuhan anak Anda. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam “Journal of Pediatric Endocrinology and Metabolism,” meskipun semua mikronutrien penting untuk anak-anak, nutrisi utama untuk percepatan pertumbuhan pada anak-anak adalah zat besi, seng, dan vitamin A. Zat besi dan seng melimpah dalam daging merah tanpa lemak, makanan laut, ayam hitam, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya zat besi dan seng. Makanan yang kaya vitamin A adalah ubi jalar, wortel, tomat, bayam, labu, paprika, melon dan mangga.

Susu Baik untuk Tubuh

Susu dan produk turunannya dapat membantu anak-anak tumbuh setinggi mungkin sesuai dengan bawaan genetiknya. Menurut Dietary Guidelines for Americans 2010, kebanyakan anak memerlukan 2 sampai 3 cangkir produk susu per hari, tergantung usia mereka dan asupan total kalori yang disarankan.

Be Sociable, Share!
 Nutrisi Seimbang Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *