Pahami Penting Tidaknya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Buah Hati Anda

Beberapa orang tua yang mempunyai anak usia prasekolah tentu akan berfikir untuk memasukkan ke taman bermain dan belajar seperti playgroup. Tetapi sebelumnya apakah Anda sebagai orang tua telah memahami tujuan memberikan pendidikan anak usia dini kepada buah hati? Walaupun pemerintah sendiri memang telah memberikan pengetahuan bahwa adanya kewajiban mengikuti pendidikan untuk anak usia dini sebelum memasuki sekolah dasar. Banyak yang mengatakan bahwa PAUD dianggap sebagai tahapan yang penting bagi perkembangan anak. Karena dalam pembelajaran dini tersebut akan diberikan rangsangan ataupun stimulasi yang sesuai seperti masa tumbuh kembangnya.

Anak yang mempunyai usia 3 sampai dengan 6 tahun tidak hanya dikenalkan bidang-bidang pelajaran ataupun berinteraksi kepada teman sebaya saja. Tetapi lebih jauh lagi PAUD mempunyai fungsi untuk mengembangkan semua aspek perkembangan mulai dari bahasa, fisik, kognitif, motorik halus kasar, sosial dan juga emosional. Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa manfaat yang dari pendidikan yang diberikan kepada buah hati mulai dari sedini mungkin, antara lain:

  • Memperkenalkan kepada dunia sekolah.

Dengan memperkenalkan lebih dini mengenai sekolah kepada anak akan membuat anak lebih siap untuk memasuki dan menerima pelajaran secara formal di bangku sekolah dasar. Tentunya akan banyak pengalaman baru yang didapatkan oleh si kecil dari pendidikan anak usia dini mulai dari kenal dengan teman sebaya, rutinitas belajar, dan lain sebagainya. Cara berkomunikasi anak sekolah PAUD juga lebih baik karena memang telah terbiasa sebelumnya.

  • Membiasakan dengan kegiatan rutinitas.

Walaupun memang bukan merupakan suatu lembaga pendidikan formal tetapi kegiatan dalam playgroup ataupun TK tersebut telah dirancang khusus sesuai fungsinya. Sebagai contoh misalnya melatih anak terbiasa melakukan rutinitas seperti olahraga, baris berbaris, menyusun puzzle ataupun lainnya.

  • Memupuk kedisiplinan anak.

Saat dirumah tentu anak akan terbiasa melakukan berbagai kegiatan sesuai keinginan hati, tetapi setelah masuk PAUD buah hati Anda akan lebih mengenal aturan dan cara menaatinya. Secara otomatis hal tersebut akan memupuk tingkat kedisiplinan anak dengan aturan yang ada di lingkungan barunya.

  • Menumbuhkan kreativitas dan imajinasi.

Pada anak usia dini belajar mereka adalah dengan bermain, dengan adanya PAUD anak Anda akan lebih difasilitasi untuk mengembangkan berbagai bakat ketrampilan, kreativitas dan imajinasi yang ada pada dirinya.

Pada usia sekolah PAUD atau golden years otak anak masih mudah menerima segala sesuatu dan terus mengalami perkembangan. Nah, hal itu tentunya akan menjadikan anak tumbuh lebih baik dan optimal dengan kemampuan dan juga dorongan dari sekolah yang dilakukan. Secara garis besar adanya pendidikan anak usia dini memang sangat perlu, dan lebih baiknya untuk diberikan sedini mungkin. Dengan begitu putra ataupun putri Anda akan tumbuh dan lebih siap menghadapi berbagai keadaan ataupun kondisi di lingkungan sekitarnya.

 Pahami Penting Tidaknya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Buah Hati Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *