Panduan Memilih Mainan Anak Perempuan dengan Tepat

Mainan memang bisa menjadi salah satu benda yang menjadi sarana hiburan anak-anak sekaligus mendukung kreativitas mereka. Oleh karena itu, pemilihan mainan juga harus penuh pertimbangan. Dengan memberikan mainan yang tepat dan aman, maka si kecil juga akan mengalami masa tumbuh kembang yang optimal karena ia memanfaatkan otak dan kelima panca inderanya untuk memainkan permainan tersebut. Lantas, apakah bisa memilihkan mainan yang sama antara anak laki-laki dan perempuan? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Untuk lebih jelasnya, ini dia panduan memilih mainan anak perempuan:

  • Sesuaikan dengan usia dan jenis kelaminnya.

Bagi anak-anak yang masih berusia 1-2 tahun, jenis mainan yang bisa diberikan antara anak laki-laki dan anak perempuan mungkin saja masih sama. Namun tentu berbeda halnya jika anak sudah menginjak usia 3-5 tahun, dimana mereka sudah seharusnya memiliki mainan yang sesuai dengan jenis kelaminnya, agar kelak mereka berperilaku sesuai dengan kodratnya. Sebagai contoh, jika untuk anak-anak perempuan, mainan yang diberikan haruslah yang sesuai dengan sifat kewanitaannya, seperti boneka, peralatan masak memasak dari plastik, dan sejenisnya

Baca Juga: Berbagai Jenis Mainan Anak Perempuan yang Mendidik

  • Bentuk mainan dan keamanannya.

Dalam pemilihan mainan, baik mainan anak perempuan maupun mainan untuk anak laki-laki, sebaiknya haruslah tetap diperhatikan detail mainannya, mulai dari bentuk, ukuran, berat hingga bahan pembuatannya. Anda harus perhatikan bahwa ada beberapa mainan yang memiliki ujung yang runcing atau ukuran yang terlalu kecil sehingga berpotensi membuat si kecil terluka atau tersedak. Selain itu, mainan yang Anda berikan juga harus terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, bebas BPA, merkuri atau cemaran lain yang berbahaya.

  • Libatkan anak dalam pemilihan.

Saat Anda berencana untuk membelikan anak mainan, Anda bisa mengajaknya untuk ikut serta dalam pemilihan mainan terutama jika anak-anak Anda sudah menginjak usia 2 tahun, biasanya ia sudah mengerti mainan mana yang ia sukai. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui potensi bakat atau minat si kecil berdasarkan mainan yang membuatnya tertarik. Namun tetap berpegang pada panduan awal bahwa pemilihan mainan harus sesuai dengan usia, jenis kelamin dan keamanan mainan tersebut. Anda bisa sampaikan jenis mainan mana yang boleh dan yang tidak boleh.

  • Harga mainan.

Setiap mainan dibanderol dengan harga yang bervariasi, dari yang murah atau terjangkau, menengah hingga ke mainan yang mahal, begitu juga mainan anak perempuan. Anda harus lebih cermat membelanjakan uang Anda untuk membeli mainan anak, jangan membeli jika tidak sesuai beberapa kriteria mainan yang tepat seperti yang sudah disinggung di atas. Namun terkadang, dari beberapa sisi, memilih mainan yang agak mahal tapi aman lebih baik daripada mainan murah tapi berbahaya.

 

Be Sociable, Share!
 Panduan Memilih Mainan Anak Perempuan dengan Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *