Panduan Pemberian Makanan Sehat Bayi untuk Orangtua

Makanan adalah hal yang diperlukan oleh seseorang untuk memberikan tenaga dan juga kekuatan yang dibutuhkan untuk pekerjaan sehari-harinya. Semua aktivitas yang dilakukan memerlukan makanan yang mempunyai banyak kandungan gizi dari vitamin, karbohidrat, protein, hingga lemak sekalipun. Semuanya harus terpenuhi agar tidak merasa lemas dan juga kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Terutama untuk bayi yang membutuhkan makanan untuk pertumbuhannya agar tidak mengalami gangguan kesehatan. Mereka harus diberikan makanan dan juga minuman yang sehat sehingga akan tumbuh dengan sehat dan dapat menyenangkan hati orangtua juga apabila melihat bayinya tumbuh dengan baik. Panduan untuk orangtua memberikan makanan sehat bayi yang dibutuhkannya perlu diperhatikan agar dapat menunjang pertumbuhan bayinya. Beberapa cara untuk memberikan makanan yang sehat untuk bayi misalnya:

  • Berikan makanan organik

Ada banyak pilihan makanan sehat yang dapat diberikan untuk bayi. Tetapi salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bahan makanan itu sendiri. Banyak makanan sehat sekarang ini belum tentu baik karena banyaknya zat tidak baik yang telah dicampurkan ke dalamnya. Sehingga banyak makanan yang terkena tercampur dengan pestisida dan dicampurkan dengan banyak zat berbahaya lainnya. Untuk menghindari hal buruk yang akan terjadi pada bayi, pilihlah bahan makanan organik yang memang lebih mahal. Atau solusi lainnya untuk orangtua adalah dengan menanam bahan yang diperlukan di kebun sendiri. Selain lebih sehat, berkebun juga akan lebih hemat sehingga tidak perlu untuk membeli bahan-bahan yang akan dimasak tersebut.

  • Pilih bahan yang sehat

Setelah memastikan bahan yang dipilih benar-benar sehat, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bahan yang akan digunakan. Pilih bahan makanan yang cocok untuk pencernaan bayi dengan ketentuan seperti:

Dan cara memilih makanan yang akan diberikan pada bayi tentu saja harus memenuhi umurnya. Dimana sesuaikan bahan yang dipilih dengan kemampuan pencernaan bayi tersebut. Untuk umur 6 bulan misalnya pilihlah bahan yang dilembutkan dan jangan yang bertekstur kasar. Selanjutnya apabila pencernaannya sudah lebih kuat bisa untuk memberikan biskuit bayi dan bahan yang lebih keras untuknya.

  • Perhatikan menu masakan yang disajikan

Dan cara terakhir yang bisa menjadi panduan untuk pemberian makanan sehat bayi adalah memilih menu makanannya. Dimana hindari pengolahan makanan yang digoreng karena minyak tidak baik untuk dikonsumsi. Usahakan untuk menghindari makanan yang berminyak untuk diberikan kepada anak. Akan tetapi orangtua juga bisa menggunakan minyak dengan lemak tidak jenis dari minyak goreng khusus. Sehingga anak akan lebih sehat nantinya.

 

Be Sociable, Share!
 Panduan Pemberian Makanan Sehat Bayi untuk Orangtua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *