Pantangan Saat Masa Kehamilan, Bukan Mitos!

Ibu hamil memiliki banyak pantangan, terutama saat awal masa kehamilan (trimester pertama) karena terjadi awal perubahan pada tubuh. Ada banyak mitos yang beredar di masyarakat mengenai masa kehamilan apa yang boleh dilakukan maupun yang tidak boleh. Menanggapi mitos yang beredar tergantung masing-masing individu menanggapinya.

Dalam artikel ini kita akan membahas apa saja yang menjadi pantangan ibu hamil, terutama yang memasuki masa kehamilan trimester pertama. Berikut adalah penjelasannya:

Hindari Mengkonsumsi Makanan Dalam Jumlah Banyak

Saat hamil nafsu makan semakin bertambah hal tersebut bisa terlihat dari semakin besar ukuran tubuh terutama bagian perut. Makan banyak saat hamil adalah hal yang wajar, karena tubuh ibu hamil akan bertamabah seiring dengan pertumbuhan janin yang semakin besar.

Penambahan berat badan saat hamil yang ideal adalah 12 – 15 kg. Jika melebihi berat badan tersebut dikhawatirkan ibu akan mengalami resiko terkena hepatitis atau diabetes. Sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan terlalu banyak, usahakan makanan yang dimakan mengandung nutrisi yang diperlukan (tidak terlalu banyak atau sedikit).

Hindari Pola Hidup yang Tidak Sehat

Sebelum hamil mungkin Anda punya kebiasaan minum kopi atau begadang. Setelah Anda positif hamil sebaiknya batasi kebiasaan tersebut karena kafein tidak baik untuk perkembangan janin di dalam perut. Batas maksimal minum kopi adalah 2 cangkir kopi atau 200 mg kafein. Selain itu batasi juga minum cokelat, teh karena sama halnya dengan kopi , jenis minuman tersebut mengandung kafein. Kebanyakan mengkonsumsi kafein bisa meningkatkan resiko terjadinya keguguran.

Baca Juga:Tips Mengatasi Keluhan Saat Masa Kehamilan

Selain itu pada waktu hamil, Anda harus menjaga siklus tidur. Pastikan waktu istirahat Anda terpenuhi. Apalagi wanita hamil lebih mudah kecapaian. Hindari tidur terlalu larut (begadang) karena bisa membuat tubuh menjadi letih dan lesu.

Hindari Mengkonsumsi Alkohol dan Merokok

Alkohol dan rokok beresiko membuat bayi lahir premature atau keguguran. Karena bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu gangguan pada plasenta lebih beresiko pada wanita yang merokok dibandingkan perokok pasif. Hindari lingkungan yang banyak asap rokoknya karena selain perokok aktif, resiko kehamilan bisa terjadi pada perokok pasif.

Hindari Mengkonsumsi Makan yang Dilarang

Selain mengetahui jenis makanan yang dilarang saat hamil, penting juga mengetahui jenis-jenis makanan yang dilarang terutama saat trimester pertama, yaitu:

  • Makanan yang digoreng, juk food.
  • Makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih.
  • Makanan pedas dan asam
  • Masakan yang dimasak setengah matang
  • Makanan yang mengandung zat kimia, seperti: pewarna, pengawet contohnya: makanan instan.
  • Hindari makan buah-buahan seperti: nanas, nangka, durian dan delima.

Selain yang disebutkan di atas, hal-hal yang harus dihindari saat hamil adalah menjalankan aktivitas atau kegiatan yang berat. Demikian penjelasan singkat mengenai hal-hal yang menjadi pantangan saat masa kehamilan, semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!
 Pantangan Saat Masa Kehamilan, Bukan Mitos!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *