Pantau Pertumbuhan Bayi Melalui Pengamatan Setiap Hari

Memiliki bayi yang baru lahir pastinya merupakan hal yang menggembirakan untuk seluruh anggota keluarga, apalagi jika bayi tersebut merupakan anak pertama dari Anda dan pasangan. Mengamati tingkah lakunya setiap hari membuat hari-hari terasa cepat berlalu karena sangat menyenangkan. Namun Anda juga perlu memperhatikan dengan lebih seksama mengenai tumbuh kembangnya melalui pengamatan setiap hari tersebut. Pantaulah pertumbuhan bayi ketika sedang bercanda dengannya sehingga betul-betul melihat perkembangannya yang cepat, lambat atau masih berada di point yang sama dengan waktu-waktu yang lalu.

Untuk keadaan normal, umumnya bayi dan anak-anak memiliki perkembangan pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ketika ia sudah dewasa. Ada tahapan-tahapan normal yang umumnya dilalui sang bayi sesuai dengan usianya. Anda sebagai orang tua yang paling sering bersama dengan sang bayi bisa mengamati perkembangannya dengan membandingkan menggunakan tabel perkembangan bayi sebagai berikut:

  • Bayi usia 0 – 2 bulan.

Di usia awal bayi, mereka akan menghabiskan waktu selama 16 – 18 jam dengan tertidur. Jam tidurnya pun terbaik karena mereka lebih banyak tidur di siang hari dan terjaga di malam hari hingga esok hari. Menangis adalah hal lain yang juga sering dilakukannya sebagai cara untuk berkomunikasi.

  • Usia 2 bulan.

Bayi usia 2 bulan sewajarnya sudah bisa menelungkup dengan menegakkan kepala. Bayi juga sudah bisa berceloteh kecil seperti mengeluarkan suara “Ooo..” atau “ Aaa..”.

  • Usia 3 bulan.

Pertumbuhan bayi usia 3 bulan lebih terlihat perkembangannya. Bayi sudah bisa memegang mainan sendiri, pandangan mulai fokus hingga bisa tersenyum secara spontan.

Baca Juga: Ingin Pertumbuhan Bayi Sehat dan Gemuk? Inilah Makanan Super yang Harus Dipilih!

  • Usia 4 bulan.

Di usia ini bayi lebih aktif dengan tanda ia bisa tengkurap kemudian terlentang secara mandiri. Jangan merasa aneh jika posisi tidur bayi Anda berpindah dari satu ujung ke ujung lainnya di usia ini.

  • Usia 5 bulan.

Usia 6 bulan adalah usia bayi untuk bisa duduk sendiri. Bayi bisa duduk tanpa berpegangan dan bahkan bisa memasukkan benda asing ke dalam mulutnya.

  • Usia lebih dari 6 bulan.

Di usia yang lebih dari setengah tahun, bayi akan terlihat lebih aktif. Asupan nutrisi selain asi diperlukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Sangat penting untuk mengetahui pertumbuhan bayi secara langsung agar Anda bisa mendeteksi secara dini semua perkembangan bayi baik yang wajar maupun tidak wajar. Perlu diingat bahwa perkembangan bayi satu dengan lainnya memang tak sama sehingga wajar saja jika mungkin bayi Anda mengalami pertumbuhan yang lebih cepat atau lebih lambat. Namun jika hal tersebut terlalu berbeda jauh sebaiknya segera mengkonsultasikan ke dokter anak agar dapat diperiksa lebih detail sehingga bisa dicari dan diselesaikan penyebabnya.

Be Sociable, Share!
 Pantau Pertumbuhan Bayi Melalui Pengamatan Setiap Hari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *