Pastikan Pakaian Bayi yang Baru Lahir Nyaman dan Aman Untuknya

Pastikan Pakaian Bayi yang Baru Lahir Nyaman dan Aman Untuknya

Memiliki buah hati merupakan dambaan bagi setiap orang tua, terlebih lagi jika pasangan tersebut baru saja menikah. Pantas saja jika pasangan yang baru saja menjadi orang tua akan sibuk menyiapkan berbagai kebutuhan sang bayi. Mulai dari perlengkapan mandi, pakaian bayi, permainan anak kecil, dan masih banyak lainnya.

Pastikan Pakaian Bayi yang Baru Lahir Nyaman dan Aman Untuknya

Tips Memilih Pakaian si Kecil

Salah satu yang penting untuk dipersiapkan adalah pakaian bagi si kecil. Mengingat bayi memiliki karakteristik kulit yang begitu sensitif dan tipis. Dalam memilih pakaian bayi, banyak hal yang harus Anda perhatikan. Anda juga harus memahami jenis-jenis dari pakaian yang akan dikenakan bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir cenderung memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, agar Anda tidak salah memilih pakaian yang pas untuknya berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan.

Pilih Pakaian yang Lebih Besar dari Ukuran Badan si Kecil

Bayi yang baru lahir memiliki pertumbuhan yang lebih cepat sehingga Anda perlu membeli pakaian dengan ukuran lebih besar agar tidak cepat kekecilan saat dikenakannya. Jika Anda membeli pakaian saat bayi masih di dalam kandungan, maka pastikan Anda membeli pakaian dengan berbagai ukuran.

Tidak Disarankan Pakaian dengan ukuran Pas Badan

Pakaian dengan ukuran pas untuk bayi yang baru lahir justru membuat Anda lebih boros. Anda akan segera menggantinya dengan pakaian bayi dengan ukuran lebih besar karena pertumbuhan si kecil yang cepat. Hal ini juga bisa membuat si kecil mudah terkena iritasi.

Pakaian Hangat dan Melindungi Kulit

Memilih pakaian untuk buah hati yang baru lahir usahakan pastikan berbahan hangat dan mampu melindunginya. Mengingat bayi lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur jadi pastikan ia nyaman dan aman. Perhatikan juga sensitivitas kulit si kecil.

Bahan Katun atau Wol Baik Untuk si Kecil

Bahan pakaian dari katun atau wol akan menghangatkan bayi saat tidur. Kedua bahan ini juga tidak akan mengganggu pernafasannya. Hindari memakai pakaian yang berserat tinggi untuk bayi Anda.

Pakaian Tipis

Jika saat tidur terutama malam hari, usahakan bayi mengenakan baju hangat maka saat siang hari pastikan pakaian yang dikenakannya lebih tipis. Hal ini untuk menghindari si kecil rewel karena merasa pakaiannya sesak dan panas.

Pilih Pakaian dengan Bahan Mudah Menyerap Keringat

Kulit bayi adalah kulit yang tipis dan sensitif terhadap beragam hal. Dengan memilih pakaian bayi yang mudah menyerap keringat, ini akan membuat Anda meminimalisir terjadinya iritasi pada si kecil.

Pilih Pakaian dengan Model Sederhana

Model pakaian bayi juga tidak boleh Anda abaikan. Anda bisa memilih pakaian yang tidak ribet saat dipasangkan ke si kecil. Jangan memilih pakaian berkerah karena ia dapat mengganggu gerakan bayi dan membuatnya kurang nyaman. Anda juga bisa memperhitungkan baju yang dibeli sesuai dengan jenis kelamin si kecil.

Pakaian yang Mudah Dilepas

Bayi yang baru lahir cenderung memiliki intensitas lebih tinggi untuk buang air baik kecil maupun besar. Hal inilah yang perlu Anda pertimbangkan karena ia nanti akan sering melepas dan memakai pakaian. Usahakan Anda membeli pakaian bayi dengan jumlah kancing yang tidak terlalu banyak.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan