Pelajaran Orang Tua Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Pelajaran Orang Tua Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Anda tentu akan merasakan kebahagiaan tidak bisa digambarkan saat memiliki buah hati, apalagi untuk anak pertama. Banyak orang tua baru yang takut untuk merawat bayi sendiri, karena belum punya pengalaman dan takut terjadi hal buruk. Anda tentu tidak ingin melukai buah hati bukan, kenapa harus takut. Mulai sekarang harus berani dan yakin untuk bersama bayi Anda sendiri.

Pelajaran Orang Tua Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Memang orang tua baru harus banyak belajar bagaimana cara interaksi dengan bayi, cara berkomunikasi dan mengerti apa yang diinginkan oleh bayi. Maka dari itu, harus banyak membaca dan mempraktikan langsung, jika ingin jadi orang tua yang bisa untuk merawat dan membesarkan bayi bersama pasangannya.

3 Anjuran Utama Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Pastikan Fisik Sehat

Hal pertama saat bersama dengan bayi, Anda harus dalam kondisi sehat. Ini termasuk tidak sedang sakit ringan, seperti batuk dan pilek. Bayi sangat sensitif dan tidak punya kekebalan tubuh yang bagus, sehingga mudah sekali terserang kuman dan penyakit.

Maka dari itu, jika baru dari luar rumah. Usahakan untuk membersihkan diri terlebih dahulu, jika bisa mandi sekalian. Ini akan membuat debu, kuman dan penyakit hilang. Bahkan tidak ada bau badan yang membuat bayi tidak nyaman, ini bukan hanya memberikan perlindungan untuk bayi namun juga orang di sekitar.

Hilangkan Rasa Takut

Banyak orang tua baru yang masih saja merasa takut untuk merawat bayi sendiri, padahal ini darah daging Anda dan dilahirkan oleh pasangan. Tidak ada alasan untuk takut, anak juga tidak akan protes jika Anda melakukan banyak kesalahan, apalagi untuk anak pertama. Pasalnya Anda belum punya pengalaman dan mengerti dengan anak kecil, ini semua butuh waktu. Jika tidak belajar mulai sekarang, tentu tidak akan punya keberanian hingga kapanpun.

Hal pertama yang harus Anda tanamkan adalah keberanian dan yakin apa yang Anda lakukan untuk buah hati merupakan yang terbaik, jika memang terjadi kesalahan perbaiki dengan cepat dan usahakan untuk tidak lagi mengulang kesalahan yang sama. Setiap orang tua akan mendapatkan momen tak terlupakan dengan buah, jangan sampai orang lain yang mendapatkan semua hal manis tersebut.

Hentikan Kegiatan Saat Bersama Bayi

Memiliki anak pertama tentu akan menyita semua perhatian dan waktu Anda, bahkan jika dahulu masih suka bermain game online atau punya hobi lainnya. Pasti akan teralihkan, karena bayi memiliki magnet tersendiri. Sebaiknya jika anak Anda menangis, hentikan semua kegiatan terlebih dahulu dan fokus untuk menenangkan.

Jangan menjadi orang tua multifungsi dengan melakukan lebih dari satu hal bersamaan, ini membuat Anda gagal karena tidak bisa melakukan semua hal tersebut bersamaan. Selain itu, jangan membuat bayi menunggu, jika tidak ingin mendengar suara tangisan yang lebih keras.

Simak juga beberapa perlengkapan yang mesti kamu miliki sebulm bayi kamu lahir. Baca selengkapnya di alatbayi.net

Bagi Anda yang akan menyambut buah hati, ada baiknya mulai belajar cara merawat bayi. Panduan di atas memang jadi hal paling mendasar, namun ini akan membangkitkan keberanian Anda dan menghilangkan rasa takut selama ini. Anak akan lebih suka jika berinteraksi dengan orang tua secara langsung dari pada dengan orang ahli yang asing untuknya.

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan