Pembahasan Bayi Sehat Selalu Perhatikan Berat Badannya

Umumnya setiap bayi dilahirkan dengan berat badan dan ciri-ciri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Rata-rata berat badan bayi sehat saat dilahirkan adalah 2500-4500 gram. Lalu bagaimana jika baru dilahirkan berta badan bayi kurus? apakah ada masalah pada kesehatannya?

Anda tidak perlu khawatir dan cemas ketika berat bayi saat dilahirkan kecil karena banyak orang tua yang berpendapat bahwa bayi sehat dan yang memiliki masalah dilihat dari berat badannya. Hal tersebut ada benarnya namun yang penting adalah berat badan yang dicapa setelah bayi dilahirkan.

Penyebab Bayi Kurus

Ada beberapa penyebab berat badan bayi kurus, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya Nutrisi

Kurang seimbangnya asupan makanan yang bernutrisi berperan besar menentukan berat badan bayi. Asupan nutrisi harus sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Saat buah hati Anda sudah memasuki usia 6 bulan disarankan untuk mendapatkan makanan tambahah atau pendukung ASI.

  • Masa Pertumbuhan

Penyebab lainnya bayi menjadi kurus adalah bisa disebabkan karena sedang masuk masa pertumbuhan tinggi badan. Saat badannya tumbuh, bayi cenderung bergerak aktif umumnya terjadi setelah bayi berumur 6 bulan lebih. Itu sebabnya berat badan bayi mengalami penurunan dengan jumlah yang wajar.

  • Masalah Kesehatan

Penyebab yang terakhir bisa karena bayi mengalami gangguan kesehatan, misalnya karena terjadi gangguan di organ pencernaan atau diare. Akibatnya nafsu makan anak menurun.

Tips Menangani Berat Badan Bayi Yang Kurus

Jika berat badan buah hati Anda tidak naik-naik atau cukup lamban, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukana agar berat badannya bertambah, yaitu:

  • ASI Berkualitas

Saat usia bayi kurang dari 6 bula, salah satu cara agar tercukupi kebutuhan nutrisinya adalah dengan memberikan ASI eksklusif. ASI yang berkualitas bisa didapat dari asupan makanan yang ibu makan. Selain itu hindari stress dan pola hidup yang tidak baik, karena bisa menyebabkan kualitas ASI menurun.

  • Pemberian Mpasi

Pemberian Mpasi sebaiknya sesuai dengan jadwal. Umumnya bayi diberi Mpasi saat memasuki usia 6 bulan. Saat itu, jadwal minum ASI akan berkurang karena bayi sudah mendapatan nutrisi lain (dari Mpasi). Anda bisa memberikan Mpasi 2-3 kali sehari dengan porsi sesuai dengan kebutuhan. Pilih bahan Mpasi yang memiliki kandungan gizi dan kalori yang banyak, misalnya: menambahkan keju atau minyak sayur.

  • Variasi Bahan Mpasi

Apablia Anda ingin berat badan buah hati Anda bertambah sebaiknya perhatikan jenis bahan Mpasi. Anda bisa memberikan makanan yang bervariasi misalnya: komposisi bahan makanan yang mengandung karbohidrat, lauk dan sayuran yang sebanding.

Itulah penyebab dan cara mengatasi berat badan bayi yang kurus. Dengan berat badan yang ideal diharapkan bayi sehat dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

 Pembahasan Bayi Sehat Selalu Perhatikan Berat Badannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *