Pendidikan Anak Balita untuk Membentuk Karakter yang Baik

Anak bagaikan lembaran kertas putih yang belum ternoda. Pena-pena dari pendidikan orang tua, lingkungan dan gaya hiduplah yang memberikannya warna dan nantinya bisa menjadi karakter dirinya ketika dewasa. Untuk itu anak di usia dini atau balita perlu mendapatkan pengajaran yang tepat agar kelak menjadi pribadi yang berkarakter baik. Saat ini banyak pendidikan yang mengkhususkan lembaganya untuk memberi pendidikan anak balitaNamun memasukkan anak balita Anda ke lembaga pendidikan saja tidak cukup, diperlukan peranan orang tua yang lebih besar untuk dapat mencetak karakter baik anak.

Pada pendidikan anak usia dini, akan diajarkan tata cara berkehidupan yang baik seperti menyapa, berdoa, bermain bersama teman dan berkesenian. Namun untuk mengajarkan karakter anak, bukan hanya membutuhkan pengajaran saja namun juga contoh dan praktek. Disinilah peran orang tua sangat penting dalam memberi contoh dan mengawasi prakteknya. Misalnya ketika di sekolah PAUD anak diajari cara berdoa sebelum makan, maka di rumah orang tua harus melatihnya untuk berdoa sebelum makan setiap hari begitu juga dengan praktek memberi salam, berterima kasih dan minta maaf.

Sedangkan untuk segi lain yang kurang diajarkan di pendidikan anak balita formal adalah tata cara berperilaku yang baik, misalnya kesopanan, saling membantu, bersosialisasi, rasa belas kasihan, menyayangi, dan sebagainya. Pada bidang ini peran orang tua lebih besar untuk dapat memberikan contoh dan teladan bagi sang anak. Sesekali ajaklah anak untuk berinteraksi dengan teman yang kurang beruntung dan ajarkan dia untuk berbagi. Ajarkan dia untuk membuang sampah pada tempatnya, berterima kasih pada siapa saja yang menolong dan sebagainya.

Baca Juga: Manfaat Lagu Anak Bagi Perkembangan Dan Kecerdasan

Kepribadian anak yang mandiri juga dapat di pupuk sedari kecil dengan cara mengajarkan ia mengurus barang mainannya sendiri. Misalnya setelah selesai bermain maka ajarkan ia merapikan mainan sendiri. Ajaklah anak untuk ikut membantu ibu dalam membersihkan rumah meski awalnya hasilnya adalah sebaliknya. Jangan karena anak justru menyulitkan Anda beraktivitas, Anda memberikannya gadget padahal usianya masih sangat muda. Dengan mengetahui bagaimana orang tua berusaha untuk keluarga sedari kecil, maka ia akan menghormati orang tua dan menjadi pribadi yang lebih tangguh.

Poin pendidikan anak balita yang paling penting adalah pembentukan karakter, hal ini dapat dilakukan dengan cara meluangkan waktu yang lebih bersama anak-anak, bermain bersama dan mengajak mereka untuk mengenal lingkungan dengan lebih baik. Anak bukan hanya memerlukan prestasi akademik namun juga kepekaan sosial yang baik agar dapat hidup bermasyarakat dengan lebih baik. Dengan mengajarkan kemandirian, kepekaan sosial, rasa tanggung jawab dan nilai moral yang lainnya, anak Anda akan dapat tumbuh menjadi pribadi yang berguna bukan hanya untuk diri dan keluarganya namun juga untuk masyarakat pada umumnya.

 

Be Sociable, Share!
 Pendidikan Anak Balita untuk Membentuk Karakter yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *