Pengganti ASI Bayi: Cerdaskan Bayi Menggunakan Susu Formula dengan 4 Kiat Berikut!

Bagi ibu yang usai persalinan mendapati ASI tidak keluar atau jumlahnya terbatas, tentu perlu segera mencari pengganti ASI bayi. Umumnya orangtua pun langsung menjatuhkan pilihan pada susu formula sebab menjadi pilihan paling praktis dan dirasa paling aman. Pihak rumah sakit pun biasanya memberikan asupan susu formula bagi bayi yang ibunya belum bisa atau tidak bisa menyusui. Banyak produk susu formula di pasaran dan sudah menjadi tugas setiap orangtua untuk memilihkan yang terbaik. Tujuannya tentu saja supaya buah hati tumbuh dengan baik meski tidak mengkonsumsi ASI.

Cerdaskan Bayi Meski Tanpa ASI

Banyak orangtua merasa resah jika buah hatinya mengalami obesitas dan perkembangannya tidak sepesat jika mengkonsumsi ASI. Keresahan ini ternyata bisa ditepis sebab melalui beberapa kiat berikut bayi tanpa ASI bisa tumbuh dengan cerdas:

  • Memberikan takaran sufor dengan benar,

Orangtua kerap menjumpai bayi yang mengalami obesitas atau bahkan gemuk sekali ketika tumbuh dewasa. Konsumsi sufor berlebihan kerap menjadi penyebab obesitas pada bayi dan anak-anak, maka perlu digaris bawahi untuk memberikan porsi yang pas. Tingkat kekentalan yang pas dan atur pemberian sufor agar tidak berlebihan.

Baca Juga: Pilihan Menu Minuman Pengganti Asi Bayi Setelah Disapih

  • Memperkenalkan makanan homemade sejak dini,

Susu formula tidak selalu aman diberikan sampai anak tumbuh besar dan memasuki usia sekolahnya. Anda bisa mulai memperkenalkan makanan pendamping sufor tersebut sejak dini, sehingga memberikan pengganti ASI bayi yang lebih bernutrisi. Makanan homemade menjadi pilihan terbaik karena dijamin bebas MSG dan zat berbahaya lainnya jika Anda membeli makanan siap saji. Kenalkan buah dan sayur sejak masih usia batita, supaya anak terbiasa dan tentunya sehat bersamanya.

  • Menyediakan mainan edukatif bagi si kecil,

Meskipun mengkonsumsi susu formula dan sejak kecil anak tidak pernah menikmati ASI bukan berarti akan menjadi pribadi yang lamban dan prestasi akademiknya sedengkul. Anda bisa mulai memperhatikan tumbuh kembang anak sejak lahir sampai mereka tumbuh dewasa, asalkan pola didikan benar maka anak tumbuh cerdas secara maksimal. Bagi Anda yang anak sufornya sudah mulai kenal mainan maka pilih mainan edukatif dan dampingi mereka saat bermain, dijamin otak mereka berkembang dengan pesat.

  • Sering berinteraksi dengan anak,

Memberikan dampingan tentu menjadi dukungan terpenting bagi anak susu formula untuk tumbuh sehat lagi cerdas. Luangkan lebih banyak waktu bersama si kecil dan ajak mereka untuk terbuka bercerita banyak hal. Membiarkan mereka bebas namun bertanggung jawab memberikan efek positif bagi emosi dan watak mereka. Anda bisa mencoba berinteraksi dengan baik sejak dini, supaya kehadiran Anda berarti bagi anak dan membuat mereka tidak anti sosial. Selain memilihkan pengganti ASI bayi yang tepat, dampingan pun memiliki peran penting bagi anak.

 

Be Sociable, Share!
 Pengganti ASI Bayi: Cerdaskan Bayi Menggunakan Susu Formula dengan 4 Kiat Berikut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *