Penjelasan Lengkap Seputar Susu Formula Bayi

Banyak ibu yang mengganti Asi dengan susu formula bayi. Seperti kita ketahui fungsi susu formula digunakan sebagai pengganti air susu ibu. Karena itu kandungan yang terdapat pada susu dibuat menyerupai Asi, seperti mineral, protein, kabrohidrat, dan vitamin. Selain itu terdapat pula kandungan zat lain.

Tips Memilih Susu Formula yang Aman dan Cocok Bagi Bayi Anda

Memilih susu formula yang tepat dan cocok untuk bayi susah-susah mudah terlebih banyak sekali merk susu formula di pasaran. Mengingat bayi yang usianya di bawah satu tahun disarankan tidak boleh mengkonsumsi makanan sembarangan termasuk susu formula karena sistem pencernaannya belum bisa bekerja dengan maksimal.

Banyaknya informasi yang beragam kadang membuat bingung orang tua memilih susu yang aman untuk buah hatinya. Pemilihan susu yang salah bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti diare, gangguan penceraan, batuk, dan gangguan organ tubuh seperti ginjal, dan hati.

Lalu pertanyaannya adalah, “Jika memang tidak bisa memberikan Asi susu formula apa yang cocok dan aman untuk bayi usia di bawah satu tahun?”

Baca Juga: Cara Menyiapkan dan Membuat Susu Formula Bayi yang Tepat dan Aman

Pada dasarnya susu formula terdiri dari kandungan zat yang menyerupai Asi, walaupun tidak semaksimal Asi susu formula bisa dijadikan solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Pastikan bahwa susu khusus dikonsumsi untuk bayi. Biasanya susu untuk bayi di bawah satu tahun berasal dari sapi. Lalu perhatikan kandungan protein yang digunakan, untuk bayi kandungan protein yang direkomendasikan adalah jenis whey karena lebih mudah dicerna. Pastikan susu formula yang Anda pilih sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hindari susu formula bayi yang berasal dari kedelai, susu sapi regular, susu kental manis, susu kambing, susu sereal, susu almond, dan susu evaporasi.

Anda juga bisa memilih kandungan protein whey yang digabungkan dengan jenis protein casein tapi dengan catatan kompisisi whey yang lebih banyak. Jika bayi Anda tidak menyukai susu yang Anda berikan atau ia mengalami diare dan muntah, hentikan memberikan susu dan Anda boleh mengganti dengan merk yang lain.

Ketidakcocokan bayi terhadap susu formula bisa disebabkan karena alergi atau non alergi. Jadi sebelum memberikan susu formula sebaiknya Anda mencari tahu apakah di keluarga Anda atau pasangan memiliki riwayat alergi. Alergi biasanya terjadi jika ada salah satu orang tua yang mengalami alergi terhadap susu. Jika demikian sebaiknya konsultasikan ke dokter

Tidak ada yang menandingi khasiat dan manfaat ASI, namun jika tidak memungkinkan member ASI, susu formula bisa dijadikan alternatif memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Beberapa bayi mungkin menolak ketika diberi susu formula. Jika hal itu terjadi, Anda tidak boleh memaksanya.

Memilih susu formula bayi pertimbangannya jangan hanya karena harga atau merk yang sudah terkenal. Karena pada dasarnya cocok atau tidaknya susu tergantung pada kondisi dan kemampuan bayi yang setiap bayi kondisinya berbeda satu dengan yang lainnya.

Be Sociable, Share!
 Penjelasan Lengkap Seputar Susu Formula Bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *