Pentingnya Gizi Bayi Saat Usia 5 Tahun Pertama

Saat bayi berumur lima tahun pertama harus benar-benar diperhatikan asupan makanan karena pada fase ini sangat menentukan kondisi perkembangan dan kecerdasan bayi di tahun berikutnya. Oleh karena itu pastikan asupan gizi bayi terpenuhi agar tumbuh kembangnya baik juga.

Pada usia 5 tahun pertama disebut dengan tahapan tumbuh kembang anak. Agar pertumbuhannya optimal maka usahakan memenuhi kebutuhan gizi bayi. Setidaknya kebutuhan bayi dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Kebutuhan nutrisi bayi, menyangkut pemberian ASI dan makanan pendamping dan pengganti ASI.
  2. Pemberian imunisasi
  3. Kebutuhan mendapatkan lingkungan dan fisik yang bersih.

Pada saat 3 tahun awal, bayi akan mengalami berbagai perkembangan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sel-sel otak mulai berkembang, termasuk serabut otak dan cabang-cabang sarafnya.
  • Dengan mendapatkan gizi yang cukup, dapat mempengaruhi perkembangan dan kemampuannya untuk mengenal jenis huruf, menghapal warna dsb.
  • Anak mulai lancar berbahasa dengan bahasa yang dapat dimengerti sampai yang tidak di mengerti.
  • Emosi dan kreativitas anak semakin berkembang, ia mulai mengenal sesuatu.

Berikut ini beberapa kebutuhan gizi yang harus dipenuhi oleh bayi.

Kalori – bayi dan balita selalu bergerak aktif, itu sebabnya ia membutuhkan kalori yang pas. Kalori bisa didapatkan dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Balita dalam sehari membutuhkan kalori sebanyak 1300 – 1500 kal.

Lemak – lemak adalah salah satu kandungan yang paling utama, fungsinya untuk membentuk membran sel yang terdapat di otak dan selubung mielin di saraf ota. Sumber lemak untuk bayi bisa dari makanan yang mengandung omega 3 dan 6, roti, mentega. Namun memberikan lemak sebaiknya tidak berlebihan karena bisa mengakibatkan kegemukan atau obesitas.

Baca Juga: Kebutuhan Gizi Bayi dan Balita

Protein – fungsi protein adalah untuk menjaga dan memelihara sel-sel di dalam tubuh. protein memiliki peran sebagai precursor untuk neurotransmitter yang berguna untuk perkembangan otak. Sumber protein bisa didapatkan dari makanan seperti: susu, ikan, 2 ons daging segar, 100 gram kacang-kacangan, ikan dan telur.

Kalsium – zat ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.oleh sebab itu berikan buah hati ASI dan susu secara teratur, karena kedua minuman tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Vitamin – ada banyak jenis vitamin yang berguna untuk kesehatan, seperti vitamin A, C, D dan E. Setiap jenis vitamin tersebut memiliki manfaatnya masing-masing.

Zat Besi – biasanya bayi cenderung kekurangan zat besi, oleh sebab itu penting memberikan bayi makanan yang mengandung zat besi, seperti: makanan yang kaya vitamin C, karena vitamin tersebut fungsinya menyerap zat besi.

Karbohidrat – makanan yang mengandung karbohidrat sangat penting untuk bayi, karena membantu perkembangan otak. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat adalah: kentang, sereal, roti dan nasi. Kekurangan karbohidrat dapat mempengaruhi gizi bayi.

Be Sociable, Share!
 Pentingnya Gizi Bayi Saat Usia 5 Tahun Pertama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *