Pentingnya Menjaga Asupan Gizi Bayi untuk Bantu Tumbuh Kembang Optimal

Perlu kita ketahui bahwa nutrisi atau gizi bayi sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Namun proses tumbuh kembang ini bukan hanya bersifat fisik saja melainkan juga secara mental dan intelektual. Ini baru dapat dikatakan sebagai proses tumbuh kembang yang ideal. Maka dari itu, pemberian makanan dengan asupan gizi yang lengkap dan seimbang wajib dilakukan jika Anda ingin bayi Anda dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, salah satunya dan yang paling utama adalah ASI. Ada beberapa zat gizi utama yang diperlukan bayi untuk membantu proses ini, di antaranya adalah:

  • Karbohidrat yang merupakan sumber energi, berasal dari tepung, beras, kentang, jagung dan lain-lain.
  • Protein membantu pembentukan sel dan jaringan dalam tubuh, berasal dari susu, ikan, kacang-kacangan.
  • Lemak menjadi cadangan energi dan menjaga suhu tubuh tetap hangat, berasal dari daging, ikan, dan susu.
  • Vitamin dan mineral yang berfungsi untuk memperlancar metabolisme tubuh, mencegah berbagai macam penyakit dan menangkal radikal bebas berasal dari sayuran, buah-buahan, dan susu.
  • AA dan DHA yang berguna untuk kecerdasan otak bayi, berasal dari susu bayi yang utama, seperti ASI.

Kebutuhan gizi pada bayi ini masih saling berhubungan dengan pemenuhan kewajiban dan wujud kasih sayang sebagai orangtua. Tanpa pemberian gizi yang maksimal, maka bayi bisa saja mengalami gizi buruk sehingga membuatnya beresiko terkena berbagai penyakit yang bisa mengganggu pertumbuhannya. Dengan menjaga asupan gizi bayi secara seimbang maka anak Anda juga akan merasa bahwa Anda menyayanginya sepenuh hati. Berikut ini adalah manfaat lain dari pemberian asupan gizi yang seimbang dan lengkap pada bayi:

  • Dapat membantu mendukung tumbuh kembang si kecil secara fisik maupun mental agar bisa jadi lebih maksimal.
  • Membantu sistem imunitas dalam tubuh berfungsi secara normal untuk memperkuat daya tahan tubuhnya terhadap penyakit dan radikal bebas.
  • Dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan seperti gizi buruk, flu, gangguan pencernaan dan sebagainya.
  • Membantu mengurangi resiko terkena penyakit mematikan di masa yang akan datang.
  • Untuk menghindarkan anak dari berbagai resiko berupa ketidakseimbangan energi, penurunan kesadaran, gangguan makan, gangguan bicara, gangguan konsentrasi, penurunan kecerdasan, kepercayaan diri dan sebagainya.

Sebagai orangtua yang baik pemenuhan gizi bayi merupakan tanggung jawab yang cukup berat. Gizi yang diperoleh bayi berasal dari konsumsi ASI dan MP-ASI setia hari sangat mempengaruhi kesehatan dan kecerdasannya ketika ia mulai beranjak dewasa. Selain pemenuhan gizi yang, mengolah makanan yang sehat, tidak berbahaya dan mudah dicerna untuk bayi juga harus dilakukan. Memiliki buah hati yang bisa tumbuh kembang secara optimal tentu merupakan kebanggaan bagi setiap orangtua.

 

 Pentingnya Menjaga Asupan Gizi Bayi untuk Bantu Tumbuh Kembang Optimal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *